1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Zika    23 Februari 2015 11:06

    6 Ilmu Menarik Soal Bumi

    Ada satu negara di dunia yang luas permukaannya lebih daripada Pluto.

    Feed - Ilmu geografi ternyata tidak selamanya membosankan. Enam fakta mengenai Bumi dalam daftar yang dirilis Man Certified ini dijamin dapat mengubah geografi menjadi menyenangkan.

    via mancertified

    1. Rusia lebih luas dari Pluto
    Rusia diketahui memiliki luas permukaan 17 juta kilometer persegi. Sedangkan Pluto, planet katai yang terdiri dari batu dan es, hanya memiliki
    luas permukaan 16,6 juta kilometer persegi.

    2. Negara tanpa sungai
    Beberapa negara di dunia diketahui tidak memiliki sungai lantaran luasnya yang mungil, contohnya adalah Maladewa dan Vatikan. Namun, Saudi Arabia, negara terbesar ke-13 di dunia, ternyata masuk dalam daftar negara yang alpa kehadiran sungai permanen karena rendahnya curah hujan.

    3. Nama tempat terpanjang di dunia
    Selandia Baru diketahui memiliki lokasi dengan nama terpanjang: Taumatawahakatangihangakoauauotamateturipukakapikimaungahoronukupokaiwhenu

    4. Sepinya Karibia
    Tahukah Anda bahwa hanya satu persen dari Kepulauan Karibia yang bisa ditempati oleh manusia? Meski memiliki ribuan pulau, hanya 15 pulau di Kepulauan Karibia yang ditempati manusia dengan populasi lebih dari 100 ribu orang.

    5. Nama terpendek
    Setelah mengetahui nama terpanjang, saatnya mengetahui nama terpendek di dunia: A. Tempat ini banyak ditemui di Swedia dan Norwegia yang berarti "sungai".

    6. Kota di berbagai benua
    Nama "Roma" ternyata digunakan menyebar di beberapa tempat di dunia. Bukan hanya sebagai Ibu Kota Italia, Roma digunakan juga di AS, Australia, Lesotho, dan Ekuador.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES