1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter : Anisha    5 November 2015 10:41

    Tips Memilih Mainan Anak ala Giselle Marten

    Mainan harus memiliki fungsi dalam perkembangan anak, serta dapat mengedukasi anak.

    Feed - Tahukah Anda, bermain dengan mainan sangat bermanfaat bagi anak-anak karena dapat bisa memicu tumbuh kembangnya? Bermain adalah kegiatan bebas dan spontan yang dilakukan karena keinginan diri sendiri dan bersifat menyenangkan.

    "Bermain adalah kegiatan yang diinginkan oleh anak, tidak ada unsur paksaan dari orangtua. Jika ada paksaan ia tidak bisa merasa nyaman saat bermain," ungkap Saskhya Aulia Prima, M.Psi, Psikolog, saat ditemui di acara 'Educational Toys for Emotional and Character Strength',di Jakarta Selatan, Rabu, 4 November 2015.

    Ada beberapa aspek yang dikembangkan dalam permainan, seperti yang dikatakan Saskhya. "Otak usia dini harus dilatih karena otak anak di bawah umur delapan tahun yang paling optimal, belajar agar tidak emosial, mengontrol emosi lebih baik, lebih mudah bersosialisasi seperti berbagi permainan dengan temannya, dan yang paling penting melatih saraf motorik anak,"ujarnya lagi.

    Manfaat mainan dalam perkembangan anak ialah dapat menciptakan lingkungan yang memberikan kesempatan bagi anak untuk bereksplorasi, menyediakan variasi kegiatan bagi anak, serta alat bantu untuk memotivasi anak belajar. Namun, Anda harus memperhatikan mainan yang akan dimainkan anak.

    via www.kapanlagi.com

    Seperti yang dikatakan Giselle Anastasia, istri dari Gading Marten, penyanyi dan ibu dari satu anak. "Saya memilihkan mainan yang aman bagi anak, mulai dari bahan apa yang digunakan dalam mainan tersebut, harus memiliki fungsi dalam perkembangan anak, serta dapat mengedukasi anak," ungkap ibu dari Gempita Nora Marten itu.

    via www.kapanlagi.com

    Agar anak tidak bosan dalam permainannya, Anda sebagai orangtua harus cermat berinteraksi dengan anak. Pintar-pintarlah membuat suasana yang menyenangkan dan hangat dalam bermain, responsif terhadap perubahan kebutuhan anak, dan memberikan kesempatan mandiri pada anak. (Anisha Saktian.P/Zika Zakiya)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES