1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Anisha    6 Januari 2016 12:40

    Pengobatan Alami Anemia pada Anak

    Bayi lebih rentan terhadap anemia sepanjang masa pertumbuhannya.

    Feed.merdeka.com - Anemia merupakan masalah kesehatan yang paling umum terjadi setiap orang, tak terkecuali pada bayi. Bahkan penyakit ini dapat mematikan jika kondisi ini tidak didiagnosis tepat pada waktunya.

    Anemia atau kekurangan darah dapat memengaruhi pertumbuhan serta perkembangan bayi. Penyakit ini menjangkiti bayi ketika ia tidak mendapatkan makanan bergizi dan kekurangan nutrisi penting.

    Namun, itu bukan satu-satunya alasan. Beberapa alasan lain seperti genetika atau penyerapan yang buruk dari besi. Bayi lebih rentan terhadap anemia sepanjang masa pertumbuhan karena membutuhkan lebih banyak zat besi untuk meningkatkan tingkat hemoglobin dalam tubuh.

    Beberapa gejala anemia dapat diketahui pada bayi seperti kuku rapuh, kelelahan, kehilangan nafsu makan, kelelahan dan cepat marah. Bayi antara sembilan dan 24 bulan sangat rentan terhadap anemia.

    Jika masalah ini didiagnosis lebih cepat, pengobatan pun bisa lebih mudah dan dapat mengurangi risiko gangguan kesehatan lainnya. Ada berbagai cara untuk mengobati anemia pada bayi. Berikut adalah daftar beberapa cara untuk mengobati anemia pada bayi.

    1. Meningkatkan jumlah zat besi
    ASI kaya kandungan besi sehingga menyusui bayi dengan susu ini mengurangi risiko anemia. Zat besi juga dapat diasup melalui makanan kaya kandungan besi seperti sereal, kuning telur, kacang-kacangan, pasta, dan unggas.

    2. Buah dengan kandungan vitamin C
    Berikan bayi Anda banyak buah-buahan serta sayuran yang kaya vitamin C. Seperti jambu, biji, kiwi, alpukat, bayam, mangga, jeruk, dan sayuran berdaun hijau. Vitamin C membantu dalam penyerapan zat besi yang tepat dalam tubuh.

    3. Buah delima
    Delima merupakan sumber yang kaya zat besi dan mineral. Hal ini juga mengandung vitamin C yang membantu dalam penyerapan zat besi. Buah ini merupakan salah satu obat alami untuk mengobati anemia. Memberikan bayi Anda jus buah delima dapat membantu untuk mengobati anemia.

    4. Jaggery
    Jaggery adalah makanan terbaik yang bisa diberikan kepada bayi yang menderita anemia karena sumber yang sangat baik dari besi. Mengonsumsinya setiap hari dapat meningkatkan kadar haemoglobin dan mengurangi risiko anemia pada bayi.

    5. Bit
    Buah bit termasuk makanan bayi serta obat yang efektif untuk mengobati anemia. Bit dapat membersihkan tubuh, meningkatkan pasokan oksigen, serta meningkatkan asupan zat besi dalam tubuh. Bit juga meningkatkan jumlah darah dalam tubuh sehingga secara efektif mengobati anemia.

    Baca juga:

    Gejala Tumor Otak pada Bayi

    Inilah Gejala Autisme pada Bayi

    Video Ibu Ceroboh, Gendong Bayi dengan Satu Tangan di Atas Motor

    Tips Merawat Kulit Bayi agar Putih dan Bersih

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES