1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Anisha    21 Oktober 2015 14:40

    Panduan Meracik Parfum dari Rempah Nusantara

    Aroma rempah Indonesia yang kuat ternyata bisa dijadikan pewangi tubuh beraroma sedap.

    Feed -  Hingga saat ini rempah-rempah Indonesia masih dianggap yang terbaik di seluruh dunia. Bagian tumbuhan yang beraroma kuat ini kerap digunakan dalam jumlah kecil pada makanan sebagai pengawet dan perasa dalam masakan.

    (Baca juga: Jamu Asli Indonesia yang Aman Dikonsumsi Anak)

    Tapi ternyata selain untuk masakan, aroma khas rempah bisa dijadikan bahan dasar parfum yang digemari di Eropa dan Asia. Dikatakan Helene Thamrin, Manajer Aroma Pemasaran MANE Flavor & Fragrance Produsen, ada berbagai rempah Indonesia yang baik untuk pembuatan parfum. Orange blossom atau daun jeruk, lada hitam yang telah diekstraksi, kayu manis, cengkeh, dan pala adalah rempah-rempah yang paling sering digunakan untuk parfum karena memiliki aroma yang segar.

    via www.indonetwork.net

    "Jangan mencampur rempah-rempah terlalu banyak agar aromanya tidak karuan. Biasanya, ada satu, atau maksimal, dua rempah-rempah, yang memiliki aroma lebih dominan daripada bahan lainnya," ungkap Helena saat memberikan seminar 'Rempah dalam Kesehatan dan Gaya Hidup', di Museum Nasional, Jakarta.

    "Titik utama adalah untuk membiarkan aroma yang satu mengalahkan yang lain, terutama untuk rempah-rempah seperti lada, jahe atau pala," tambahnya lagi.

    via www.rmol.co

    Pengenalan rempah-rempah ini sendiri merupakan bagian dari pameran yang digelar di Museum Nasional bertajuk 'Jalur Rempah: the Untold Story'. Mendikbud Anies Baswedan mengungkapkan kiprah Indonesia menjadi bangsa besar bisa ditemukan pada jalur perdagangan rempah-rempah --suatu komoditas andalan Nusantara sejak zaman kerajaan dan kesultanan.

    (Baca juga: 5 Animator Indonesia di Kancah Film Dunia)

    “Kalau kita perhatikan, jalur perdagangan rempah itu hampir seluruhnya melewati laut. Karenanya kita bisa membaca pesan bahwa kejayaan itu diraih melalui penguasaan jalur maritim Nusantara,” ujar Anies ketika membuka pameran ini, Minggu, 18 Oktober 2015 lalu. (Anisha Saktian.P/Zika Zakiya)

    Baca juga:

    Kesan Para Bule Saat Menjajal Makanan Khas Indonesia

    Lokasi Wisata Indonesia yang Dirusak Turis

    Nasib Pemenang Indonesia Idol Sekarang (II)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES