1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Indra    31 Maret 2015 10:40

    Makhluk Misterius Ini Dikabarkan Ada Di Indonesia

    Makhluk ini menyerupai manusia, bersayap, dan suka menculik anak kecil di malam hari.

    Feed - Tak bisa dipungkiri jika Indonesia lahir ditemani dengan sejumlah cerita rakyat, legenda, dan mitos yang hingga kini tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusianya. Sebagian warga di daerah percaya bahwa makhluk aneh dan misterius hidup berdampingan di Tanah Air.

    Dalam sejarah ilmu manusia, ada yang namanya cryptozoology, di mana ilmu ini memperlajari mengenai hewan-hewan tersembunyi. Hewan yang dipelajari dalam ilmu ini bukan hewan tersembunyi dalam artian langka, melainkan hewan-hewan misterius yang keberadaannya masih menjadi tanda tanya besar bagi para peneliti.

    Makhluk yang menjadi objek penelitian juga tak selamanya berbentuk hewan, tetapi ada juga yang berebentuk manusia bahkan menyerupai monster. Menurut cerita rakyat yang berkembang di tanah air, makhluk misterius ini juga dikabarkan berada di tanah air, berikut paparannya.

    1. Coelacanth

    Ilustrasi Coelacanth via mnh.si.edu

    Penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerjasama dengan lembaga penelitian Jepang berhasil menemukan 23 ekor ikan purba Coelacanth. Ikan yang dijuluki “The Sea King” ini pertama kali ditemukan oleh Kapten Hendrick Goosen di Samudera Hindia pada tahun 1938.

    Coelacanth adalah jenis ikan purba yang hidup sejak jaman dinosaurus. Pada penelitian tersebut, ikan-ikan purba itu ditemukan saat tiga kali survei yang dilakukan di daerah Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Pantai Manado, Biak yang sontak menepis kabar bahwa hewan ini telah punah. Selengkapnya di sini.

    2. Chupacabra

    Ilustrasi Chupacabra via netraptor.org

    Chupacabra, hewan pengisap darah ini sempat dikabarkan berkeliaran di Tanah Air empat tahun lalu. Hewan ini adalah salah satu hewan misterius yang populer dan banyak diperbincangkan di dataran Amerika, terutama di Amerika Latin. Fisiknya menyerupai anjing dengan taring besar dan panjang yang siap mengisap darah hewan ternak, terutama kambing. Makhluk misterius ini diduga ditemukan di kota Malang, Jawa Timur, dan mengisap darah dari 12 ekor kambing milik seorang warga. Selengkapnya di sini.

    3. Orang bati

    Ilustrasi Orang Bati via pixshark.com

    Berdasarkan legenda rakyat, di Pulau Seram, Ambon, terdapat makhluk misterius yang tinggal di gunung di wilayah Kairatu. Tubuhnya menyerupai manusia, bersayap, dan suka menculik anak kecil di malam hari untuk disantap. Orang Bati sering muncul pada malam hari dengan suara kepakan sayap dan lengkingannya yang khas. Cerita tentang makhluk misterius ini sudah lama tertulis oleh para misionaris Kristen pada abad ke 15 atau sekitar abad 16. Selengkapnya di sini.

    4. Ahool

    Ilustrasi Ahool via nnramma

    Makhluk misterius satu ini mungkin bisa dikategorikan sebagai monster terbang yang berbentuk seperti kelelawar raksasa. Beberapa orang beranggapan Ahool ini merupakan makhluk sejenis pterosaurus atau sejenis primata terbang. Penamaan makhluk ini diberikan karena makhluk tersebut kerap kali mengeluarkan suara “Ahool”. Diperkirakan, Ahool adalah makhluk nokturnal, menghabiskan harinya tersembunyi di dalam gua, atau di bawah air terjun yang menelusuri sungai untuk mencari ikan besar di mana ia makan. Selengkapnya di sini.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES