1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Zika    30 Maret 2015 10:04

    Makanan Indonesia yang Sudah Mendunia

    Panganan asal negara kita terasa sangat lezat berkat paduan rempah yang melimpah.

    Feed - Makanan Indonesia merupakan dikenal sebagai jenis panganan dengan cita rasa yang khas. Ini dikarenakan makanan kita terbuat dari rempah-rempah yang menimbulkan rasa mantap terasa di lidah. Tidak salah jika kemudian ada beberapa panganan Nusantara yang mendunia bahkan dianugerahi salah satu yang terenak di jagat ini. Berikut lima makanan Indonesia yang sudah go internasional:

    via hariprasetio.com

    1. Nasi Goreng
    Seperti dikutip situs CNNGo, nasi goreng masuk peringkat kedua makanan dalam daftar "World's 50 most Delicious Foods". Nasi goreng dikenal memiliki banyak ragam rasa, mulai dari dicampur daging merah, ayam, petai, bahkan ikan asin. Makanan ini juga menjadi favorit sarapan masyarakat Tanah Air.

    via indonesia.travel

    2. Rendang
    Makanan asal Sumatra Barat ini menjadi peringkat pertama "World's 50 most Delicious Foods" versi situs CNNGo. Rendang, daging dengan baluran rempah dahysat, memiliki rasa otentik dan mendapatkan pengakuan di seluruh dunia. Makanan ini juga dapat bertahan sampai berminggu-minggu. Di daerah asalnya, rendang menjadi sajian dalam berbagai upacara adat dan perhelatan istimewa.

    via info-wanita.com

    3. Bakso
    Bakso adalah jenis makanan bola daging sapi giling dan tepung tapioka. Dalam sajiannya, bakso umumnya disajikan panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mie, bihun, taoge, tahu, terkadang telur, ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso pun masuk dalam tiga besar daftar 40 makan terbaik versi CNN.

    Pada 2010 silam, Presiden AS, Barack Obama, mencicipi bakso bersama Presiden RI, Susilo Bambang Yudhyono, di Istana Negara. Gara-gara presiden yang pernah bersekolah di Indonesia ini, sejumlah situs berita Amerika Serikat seperti, Nola.com, CDA Press.com, dan Boston Globe membahas soal bakso.

    via bandung.panduanwisata.id

    4. Sate
    Makanan ini terdaftar sebagai peringkat ke-14 dalam 50 Hidangan Paling Lezat di Dunia melalui jajak pendapat pembaca yang digelar oleh CNN Go pada 2011. Di Amerika Serikat, sate sudah dikenal sejak tahun 1999. Adalah Sonny Setiantoko yang menjadi pelopor untuk memperkenalkan makanan daging yang ditusuk itu. Ia juga memiliki restoran bernama 'Indonesian Food Sate Truck' di Washington DC. Sedangkan di Indonesia, sate dikenal dengan beragam varian seperti sate madura, sate lamongan, dan sate padang.

    via www.cicak2.com.au

    5. Gado-gado
    Gado-gado yang terbuat dari sayur-sayuran, bumbu kacang, dan telur rebus serta kerupuk ini memiliki beberapa kesamaan dengan salad yang ternama di negara Barat. Bedanya, gado-gado memiliki bumbu sambal kacang yang dapat memanjakan lidah bagi penikmatnya. Dilansir situs kemlu.go.id, makanan yang berasal dari Pulau Jawa ini untuk pertama kalinya menyabet juara satu pada katagori tampilan sajian di lomba masak internasional, Liotorale Flegreo Nel Mondo, di tahun 2010, di Napoli, Italia. (Sukma Alam)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES