1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. F
  6.  » 
  7. FAMILY


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    1 Desember 2015 11:52

    Lakukan 6 Hal Ini Agar Anak Menjadi Orang Sukses

    Setiap orangtua pasti ingin melihat anak tumbuh menjadi orang yang cerdas, hebat, dan sukses.

    Feed - Sebagai orangtua Anda pasti ingin melihat anak Anda tumbuh menjadi orang yang cerdas, hebat, dan sukses. Tetapi bagaimana cara membesarkan anak yang baik, hingga mereka bisa meraih kesuksesan? Tentunya membutuhkan kesabaran, ketekunan, dedikasi, dan kepercayaan atas upaya yang Anda lakukan terhadap anak. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar anak bisa mencapai kesuksesan seperti yang dilansir dari lifehack.org.

    via expertbeacon.com

    1. Ajarkan keahlian sosial

    Manusia pada dasarnya memang mahluk sosial. Tetapi kebiasaan untuk berinteraksi sosial tidak melekat begitu saja karenanya harus diajarkan pada anak. Penelitian yang dilakukan oleh Penn State University (PSU) dan Duke University menunjukkan, anak-anak yang memiliki kemampuan untuk bekerja sama, saling tolong-menolong, memahami emosi satu sama lain, dan dapat memecahkan masalah bersama, memiliki kesempatan untuk menjadi orang yang sukes dibanding anak yang tidak dibiasakan berinteraksi sosial.

    2. Memiliki harapan yang tinggi

    Orangtua harus mempunyai target, apa saja yang harus diraih oleh anak nantinya. sebuah studi yang dilakukan University of California, Los Angeles (UCLA) yang melibatkan 6.000 anak TK, menunjukkan bahwa orangtua yang percaya dan menargetkan anaknya bisa duduk hingga bangku kuliah, 96 persen anak-anak mereka menunjukan hasil yang lebih baik dibanding yang tidak memiliki target.

    via hennellyfinance.ie

    3. Mencapai tingkat pendidikan yang tinggi

    Tidak hanya orang tua yang harus mempunyai cita-cita yang tinggi, anak-anak pun harus memiliki keinginan itu dari dirinya sendiri. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan University of Michigan, banyak anak menyelesaikan pendidikan sama seperti pendidikan orangtuanya. Oleh karena itu orangtua harus mengatur tujuan yang tinggi bagi anaknya agar mendapat pendidikan yang lebih tinggi daripada mereka.

    4. Bangun hubungan yang mendalam

    Semua poin di atas tidak akan berhasil jika Anda tidak menumbuhkan kepedulian dan memelihara hubungan yang baik dengan anak. Orangtua dapat mengajarkan keterampilan soaial dan kepandaian untuk menjadi orang yang sukses. Anda juga dapat memaksimalkan potensi anak dan tahu tujuan apa yang terbaik untuk anak dengan memupuk harapan yang tinggi sejak dini. Ketika mereka mencapai suatu prestasi, berikan hadiah atas kerja keras mereka.

    via art-a-designer.ru

    5. Jangan sampai stres

    Ketika orangtua menargetkan sesuatu pada anak, jangan terlalu dipaksakan karena bisa saja anak menjadi tertekan. Ketika anak tidak mencapai target yang Anda buat, jangan terlalu menjadi over-protektif, karena bisa membuat anak menjadi stres juga. Sebagai orangtua, Anda psti akan merasakan banyak situai yang menyebabkan depresi, tetapi jangan biarkan anak mengetahui hal itu karena akan menjadi beban untuk mereka.

    6. Hargai keberhasilan anak

    Adalah hal wajar untuk memberikan hadiah atas keberhasilan yang diraih oleh anak. Berkat dorongan itu,  anak akan berpikir keras agar terus mengembangkan pemikiran mereka. 

    Baca juga:

    Tips Agar Anak dalam Kandungan Terhindar dari Skizofrenia

    Begini Caranya Membuat Anak Cerdas Lewat Mainan

    Jika Anak Anda Malas Bersih-Bersih, Beri Mereka Video Ini

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES