1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Anisha    11 Februari 2016 12:01

    6 Jangan Saat Hamil

    Ini adalah enam hal yang perlu dihindari agar janin tetap berkembang dengan baik.

    Feed.merdeka.com - Wanita hamil membutuhkan banyak kehati-hatian demi kesehatan janin. Makanan yang sehat tidak cukup untuk menjaga janin. Untuk itu perempuan harus mengetahui apa saja yang boleh dilakukan atau tidak saat masa kehamilan. Berikut enam hal yang perlu dihindari agar janin tetap berkembang dengan baik.

    1. Jangan kurang tidur
    Wanita hamil harus memastikan tidur dengan jumlah yang cukup. Tubuh Anda dan bayi akan melalui perubahan besar dan membutuhkan semua energi. Kurang tidur adalah salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan. Jadi cobalah untuk pergi tidur lebih awal atau tidur siang untuk mendapatkan istirahat yang Anda butuhkan.

    2. Jangan makan berlebihan
    Kehamilan bukan alasan untuk makan apa saja yang Anda inginkan. Berat badan yang ideal diperlukan agar selalu sehat. Ingat bahwa berat badan terlalu besar dapat membuat masalah bagi Anda dan calon bayi. Anda dapat berkonsultasi kepada dokter untuk mengetahui berapa berat badan yang pas.

    Pastikan untuk makan banyak makanan kaya nutrisi. Mayoritas dokter mengatakan 200 - 300 kalori ekstra adalah jumlah yang tepat untuk calon ibu.

    3. Jangan malas berolahraga
    Berolahraga selama kehamilan adalah sama pentingnya dengan makan yang benar. Bahkan jika Anda tidak berolahraga dapat membuat berat bertambah dari sebelum hamil. Tapi sebelum melakukan gerakan olahraga, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk memastikan semuanya aman.

    Ada banyak video, buku, dan pelatih yang dapat membantu Anda berlatih secara rutin dan baik untuk kehamilan. Jika Anda terantuk masalah biaya dan waktu, cobalah lakukan olahraga paling sederhana: berjalan kaki.

    4. Jangan acuh tak acuh pada calon anak
    Berbicara dengan calon bayi Anda adalah cara yang bagus untuk memulai ikatan emosional dengannya. Mulailah membacakan buku, bernyanyi, dan memainkan musik. Tidak terlalu dini untuk mulai mengatakan pada calon bayi betapa besar Anda mencintainya.

    5. Jangan terlalu stres
    Beberapa studi menunjukkan bahwa tingkat stres yang tinggi dalam kehamilan dapat menyebabkan masalah tertentu. Ada kemungkinan bahwa stres juga dapat memengaruhi perkembangan otak bayi dan sistem kekebalan tubuh.

    Cobalah teknik relaksasi dan pastikan untuk tidak menempatkan diri dalam stres yang tinggi. Jangan takut untuk meminta pasangan Anda untuk meringankan beban stres.

    6. Jangan malas periksa kesehatan
    Kesehatan adalah mutlak penting ketika memiliki bayi. Jika Anda belum memeriksakan kesehatan sebelumnya, ini adalah waktu tepat untuk berkonsultasi ke dokter untuk membuat keputusan tentang jenis perawatan yang Anda akan butuhkan.

    Baca juga:

    Tips Merawat Kulit Bayi agar Putih dan Bersih

    Jangan Kaget, Tapi Beginilah Wajah Veri 'AFI' Sekarang

    Jangan Pernah Menggabung Makanan Ini, Atau ...

    Khasiat Super dari Jahe untuk Ibu Hamil

    Trik Mengatasi Rambut Rontok Saat Hamil

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES