1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    5 Januari 2016 13:10

    Jangan Tertawa, Tapi 6 Gejala Hamil Ini Memang Tidak Biasa

    Ada enam gejala aneh saat masa kehamilan yang wajib Anda ketahui.

    Feed.merdeka.com - Kehamilan merupakan masa yang sama sekali tidak mudah. Selama durasi itu, seorang wanita menghadapi sejumlah masalah yang rumit. Apakah Anda tahu bahwa seorang wanita dapat mengalami retensi air pada bulan pertama kehamilan? Studi terbaru menunjukkan bahwa ada kemungkinan tubuh bengkak akibat retensi tersebut.

    Meski terdengar aneh, tapi gejala tersebut benar adanya dan dianggap normal. Malah gejala aneh macam ini tidak hanya satu, ada enam gejala yang tidak biasa namun kerap ditemui dalam diri seorang wanita hamil.

    1. Gusi bengkak
    Gusi bengkak merupakan masalah umum yang terjadi pada setiap wanita selama kehamilan. Hal ini disebabkan oleh tingkat perubahan progesteron dan estrogen di dalam aliran darah.

    2. Hidung bengkak
    Ketika Anda hamil, hidung akan membengkak. Lapisan dalam hidung terlalu kering dan ini yang mengakibatkan masalah seperti hidung berdarah atau mimisan. Tetesan garam dapat digunakan untuk mencegah masalah ini.

    3. Kaki membesar
    Gejala aneh selama kehamilan adalah kaki Anda tumbuh juga. Terkejut? Menurut sebuah penelitian terbaru, kaki wanita hamil tumbuh kembali, namun hanya sementara. Hormon relaxin ialah penyebabnya. Hormon ini mengendurkan ligamen di panggul Anda untuk memungkinkan bayi untuk keluar, tetapi memiliki efek yang "menular" pada sendi di kaki dan menyebabkan kaki tumbuh menjadi lebih besar.

    4. Kulit bernoda
    Jerawat, noda, dan bintik-bintik hitam di wajah akan terjadi selama masa kehamilan karena adanya perubahan hormon dalam tubuh. Untuk menangani masalah kulit ini, Anda perlu melakukan perawatan rumahan seperti menggunakan masker alami.

    5. Varises
    Bayi yang tumbuh di tubuh seorang wanita membutuhkan pasokan besar darah untuk oksigen dan nutrisi ekstra. Oleh karena itu, pembuluh darah di tubuh wanita hamil juga cenderung melebar. Ketika pembuluh darah ini berkembang, wanita hamil mengalami sejumlah rasa sakit dan pembengkakan. Untuk mencegahnya, Anda dapat mengangkat kaki sehingga meningkatkan sirkulasi darah.

    6. Perut bermasalah
    Salah satu gejala umum dan aneh selama kehamilan adalah munculnya masalah pencernaan. Hal ini disebabkan peningkatan progesteron yang dapat memperlambat waktu transit makanan dari perut ke usus, sehingga menyebabkan masalah seperti sembelit.

    Baca Juga:

    Terbukti Akurat, 5 Bahan Rumahan Ini Mampu Mendeteksi Kehamilan Wanita

    Tips Memilih Bra Selama Kehamilan

    Cara Lucu Deteksi Kehamilan Tanpa USG

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES