1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TIPS


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    5 Februari 2016 09:04

    5 Bahan Rumahan Penumpas Ketombe Membandel

    Tak tahan dengan ketombe yang terus muncul? Coba cara berikut ini.

    Feed.merdeka.com - Ketombe memang salah satu masalah kulit kepala yang menjengkelkan karena akan terasa sangat gatal. Ketombe juga bisa menimbulkan rasa malu karena bisa jatuh dan mengotori pundak.

    Ketombe bisa disebabkan oleh kulit kering, infeksi jamur, diet yang tidak sehat, atau penyakit yang berhubungan dengan kulit lainnya. Melansir dari food.ndtv.com, berikut ini lima bahan alami untung mengusir ketombe yang membandel.

    1. Baking soda

    Image result for beking soda
    Baking soda ampuh mencegah pertumbuhan jamur yang tumbuh sangat cepat. Caranya, cukup gunaka basahi rambut anda dan gosokkan sedikit baking soda sambil dipijat-pijat dengan lembut pada kulit kepala. Bilas dengan air dan sampo hingga bersih.

    2. Aspirin

    Image result for aspirin
    Pada obat ini mengandung zat asam salisilat yang bisa membunuh ketombe. Ambil dua buah pil aspirin kemudian tumbuk hingga halus. Campurkan dengan sampo saat sedang mencuci rambut Anda. Diamkan selama satu atau dua menit sebelum membilasnya.

    3. Mouthwash

    Image result for mouthwash
    Obat kumur ini ternyata bisa juga digunakan untuk menghilangkan ketombe. Hal yang perlu Anda lakukan yaitu cuci rambut menggunakan sampo kemudian bilas menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol.

    Setelah membilasnya Anda bisa menggunakan kondisioner. Mouthwash memiliki kandungan anti-jamur yang dapat membunuh biang ketombe dan membuat rambut berkilau.

    4. Garam

    Image result for salt
    Gunakan garam pada kulit kepala seperti Anda sedang melakukan scrubbing. Gosokkan beberapa saat pada rambut dan diamkan. Kemudian bilas hingga bersih.

    5. Bawang putih

    Image result for garlic
    Bawang memang memiliki bau yang sangat menyengat tapi hal tersebut bisa mengalahkan ketombe. Bawang putih memiliki zat anti-jamur yang bisa membunuh ketombe. Jika Anda tidak kuat dengan baunya, Anda bisa mencampurkan bawang putih yang sudah dihaluskan dengan madu, dan oleskan pada kulit kepala sebelum keramas.

    Baca juga:

    Bahan Paling Alami Untuk Mengusir Ketombe

    Video Anak Putar Kepala Hingga 180 Derajat, Bikin Ngilu!

    Pertanda Sakit Kepala Anda Lebih dari Sekadar Sakit Ringan

    Ingin Rambut Berkilau? Pisang Solusinya

    Ramuan Ampuh Penghilang Rambut Rontok dalam Tempo 2 Menit

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES