1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    3 Desember 2015 12:11

    Trik Agar Anak Tak Kecanduan Gadget

    Menggunakan gadget secara terus menerus akan berdampak pada kesehatan tubuh dan mental. Ini cara mengatasinya.

    Feed - Gadget (gawai) bukan lagi barang asing yang terdengar di telinga. Pengguna barang canggih ini ada di setiap kalangan, tak terkecuali anak-anak. Si kecil akan asik sepanjang hari bermain gadget.

    Namun, menggunakan gadget secara terus menerus akan berdampak pada kesehatan tubuh, pertumbuhan emosional, mental, serta fisiknya. Oleh karenanya sebagai orangtua kita harus cermat membatasi penggunaan gadget pada anak. Ada beberapa cara agar si kecil tidak kecanduan teknologi canggih ini, seperti yang dilansir Boldsky.com berikut.

    1. Perbanyak aktivitas di luar ruangan
    Ajak anak untuk menghabiskan waktu di luar ruangan. Selain dapat membantu pertumbuhan mental dan fisik, mereka juga bisa bermain dengan teman sebaya. Aktivitas di luar juga dapat membantu mereka mengalihkan pikiran, bukannya duduk asyik di sofa bermain gadget.

    2. Buatkan jadwal penggunaan gadget
    Tetapkan jadwal dengan waktu tertentu untuk menggunakan gadget. Pastikan bahwa mereka tidak menghabiskan waktu hanya untuk menonton kartun atau bermain game.

    3. Gantikan dengan permainan nyata
    Cara tepat agar si anak tidak kecanduan gadget adalah memberikan permainan nyata. Seperti kartu atau catur yang nyata bisa mereka sentuh dan Anda pun terlibat di dalamnya. Ini akan mengalihkan minat mereka dari layar dengan realitas dan dengan lebih banyak kegembiraan.

    4. Mengembangkan hobinya
    Waktu luang yang terlalu banyak adalah alasan utama mengapa anak-anak menghabiskan waktu dengan gadget. Salah satu ide menarik untuk mengubah kebiasaan ini adalah untuk mengembangkan beberapa hobi. Anda dapat mendorongnya untuk mencoba koleksi puzzle, koleksi koin, atau berkebun.

    5. Ajarkan sebuah keahlian
    Belajar sesuatu yang baru adalah ide yang cemerlang untuk menjaga otak mereka aktif dan terlibat. Sekaligus memberikan kesempatan bagi anak-anak Anda untuk belajar sesuatu yang baru seperti berenang, sulap, alat musik, atau bahkan tari.

    6. Ajak berpiknik
    Ajaklah anak-anak Anda untuk piknik saat akhir pekan tiba. Biarkan si kecil menghabiskan waktu di alam bebas. Taman atau pantai dapat membuat anak-anak lebih aktif daripada di rumah menghabiskan waktu dengan gadget. (Anisha Saktian.P)

    Baca juga:

    7 Kalimat ini Bakal Buat Anak Sedih Bukan Main

    Begini Cara Dua Politisi Cantik Batasi Gadget untuk Anak

    Begini Cara Gadget Rusak Otak Si Anak

    Para Ayah Berwajah Seram Tapi Beranak Cantik Rupawan

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES