1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    1 September 2015 16:18

    Awas, 4 Makanan Ini Bikin Jerawat Anda Makin Parah

    Kerang bikin jerawat makin banyak.

    Feed - Jerawat bisa muncul karena banyak faktor, mulai dari hormon, obat-obatan, kosmetik, hingga makanan. Tidak heran jika mereka yang memiliki masalah kulit ini paham betul jenis makanan apa saja yang harus dan tidak boleh masuk ke tubuh mereka.

    Sebab, jika tidak andal memilah asupan makanan, kulit berseri dan bersinar hanyalah sekadar mimpi belaka, bahkan memperburuk tekstur kulit. Berikut jenis makanan yang bisa bikin jerawat makin parah.

    Garam

    via theguardian.com

    Terlalu banyak asupan garam dapat mengeringkan kulit Anda.  Garam dapat menyebabkan pembengkakan dan membuat jerawat ogah minggat dari kulit.

    Seperti dilansir glamour.com, menurut ahli kulit, Crystal Wellman, untuk mengatasi masalah tersebut Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan kaya vitamin E, tembaga, kalium, kalsium, dan zat besi untuk membantu meningkatkan kesehatan kulit.

    Roti dan olahan biji-bijian

    via bbc.co.uk

    Wellman mengatakan, roti dan olahan biji-bijian dapat menyebabkan ledakan insulin yang berakibat meningkatnya jerawat. Solusinya, Anda bisa mengonsumsi beras merah yang kaya vitamin B dan protein. Dalam hal ini vitamin B bekerja membantu mengatur kadar hormon agar tidak cepat stres.

    Kerang

    via kata.pe.ca

    Sulit untuk menolak nikmatnya olahan makanan laut seperti udang, kepiting, lobster, dan kerang. Tetapi, Anda yang berjerawat sebaiknya menghindari makanan tersebut. Sebab, kandungan yodium di dalamnya dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat.

    Menurut Wellman, sebaliknya, Anda beralih untuk mengonsumsi berbagai jenis ikan seperti tuna dan salmon, yang mengandung asam lemak seperti omega 3 dan omega 6. Dengan begitu, kulit Anda akan terjaga dan tetap sehat.

    Susu

    via cnn.com

    Produk susu terutama susu skim atau susu tanpa lemak mengandung hormon bioavailable. Menurut Wellman, hormon tersebut dapat menyebabkan jerawat. Sebaliknya, jika Anda mengonsumsi brokoli, Anda akan mendapat sumbangan lebih banyak vitamin A, B, C, E, dan K.

    Baca juga:

    5 Bahan Makanan Penangkal Jerawat

    Jerawat Bisa Menggambarkan Kesehatan Anda

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES