1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    13 Januari 2016 12:10

    6 Manfaat Menggunakan Popok Kain

    Berikut beberapa alasan mengapa Anda bisa mengganti popok biasa ke popok kain.

    Feed.merdeka.com - Kebanyakan ibu lebih memilih popok sekali pakai dibandingkan popok kain sebab lebih mudah digunakan dan dapat dibuang tanpa perlu mencucinya. Namun, popok sekali pakai membuat Anda boros karena popok harus sering diganti dan harganya tidak murah. Selain itu, popok sekali pakai dapat membuat bayi Anda memiliki banyak ruam pada kulit dan alergi.

    Bila Anda mencari alternatif lain, mungkin popok kain adalah jawabannya. Ia terbuat dari 100 persen katun tanpa bahan kimia dan plastik, dapat menghaluskan kulit bayi, tidak berisiko alergi, ruam kulit, dan infeksi. Berikut beberapa alasan lainnya mengapa Anda bisa mengganti popok biasa ke popok kain.

    1. Hemat
    Salah satu keuntungan terbaik menggunakan popok kain adalah Anda akan berhemat. Sebab popok kain dapat digunakan berkali-kali setelah mencucinya. Sedangkan popok sekali pakai harus dibuang setelah digunakan.

    2. Ukuran
    Popok kain dapat digunakan untuk bayi dari berbagai ukuran dan usia, tidak seperti popok sekali pakai. Ini akan menjadi investasi ketika membeli untuk bayi pertama, Anda dapat menggunakannya untuk bayi kedua. Anda hanya perlu mencuci dan mengeringkan mereka secara menyeluruh di bawah sinar matahari.

    3. Mudah dicuci
    Popok kain mudah dicuci dengan deterjen. Anda dapat membilasnya hanya pada wastafel atau menggunakan mesin cuci. Bahkan mengucek popok hanya dengan tangan Anda.

    4. Tidak ada ruam
    Penelitian telah membuktikan, penggunaan popok kain tidak membuat ruan pada kulit. Kapas alami dalam popok kain tidak memiliki bahan kimia yang dapat memicu reaksi alergi pada bayi Anda.

    5. Melatih anak ke toilet
    Bayi akan risih jika menggunakan popok kain, itu akan memicu mereka untuk berlatih pergi ke toilet. Alasannya ialah bahwa popok kain tidak tahan air dan lebih dekat ke kulit bayi. Hal ini membuat mereka merasa tidak nyaman dan ini memudahkan Anda untuk melatih mereka.

    6. Popok sekali pakai penyebab retensi
    Panas plastik yang hadir dalam popok sekali pakai akan menyebabkan retensi panas. Akhirnya popok ini tidak memungkinkan kulit untuk bernapas dengan benar. Hal ini dapat memicu pembentukan kulit ruam. Hal ini tidak ditemukan dalam popok kain karena kulit bayi Anda bisa bebas bernapas, tidak ada perangkap keringat serta panas.

    7. Mengurangi infeksi
    Karena popok kain terbuat dari katun, memungkinkan keringat untuk keluar dari kulit dan kemudian bisa diserap di dalam kain katun. Hal ini untuk mencegah kemungkinan infeksi dan alergi pada kulit bayi. Sebaliknya, popok sekali pakai tidak menyerap keringat yang dapat menyebabkan alergi, ruam, dan infeksi.

    Baca juga:

    Segera Lakukan Ini Bila Bayi Tersedak

    Gejala Bayi Alergi pada Gluten, Orangtua Wajib Tahu!

    Gejala Tumor Otak pada Bayi

    Sederet Gambar Jenaka Bagaimana Mengurus Bayi

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES