1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    22 Februari 2016 11:45

    4 Metode Aneh untuk Menekan Nafsu Makan

    Keempatnya cocok diterapkan buat Anda yang tengah diet.

    Feed.merdeka.com - Nafsu makan yang berlebih kadang sulit dikendalikan. Hal ini yang membuat diet Anda gagal dan selalu mengeluarkan uang lebih untuk membeli makanan. Namun, untuk meminimalisir makan berlebih, ada empat cara yang boleh Anda coba agar mencegah makanan berlebih dalam beberapa menit saja.

    1. Kunyah permen karet
    Gerakan berulang yang Anda lakukan ketika mengunyah permen karet akan mengirimkan sinyal ke bagian otak Anda yang mengontrol nafsu makan. Wesley Delbridge, R.D., juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet, mengatakan ketika otak Anda berpikir Anda telah makan, Anda akan mulai merasa kenyang.

    Rasa manis dari permen karet juga merangsang zat kimia yang disebut serotonin. Kadar serotonin yang naik akan membuat Anda tidak kelaparan dan sebaliknya.

    2. Sedia sikat dan pasta gigi di mana saja
    Simpan sikat dan pasta gigi ukuran kecil yang bisa dibawa ke mana-mana untuk membantu Anda melawan nafsu makan berlebih. Pasta gigi rasa mint bahkan bisa menekan rasa lapar. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Wheeling Jesuit University, Amerika Serikat, disebutkan bahwa orang yang mengendus aroma mint sepanjang hari akan makan 3.000 kalori lebih sedikit minggu itu.

    3. Berbincang dengan teman yang membuat Anda tertawa
    Ketika berada di bawah tekanan, tubuh Anda melepaskan hormon stres kortisol yang memberi tahu otak untuk mencari makanan. "Makanan berlemak dan gula ialah makanan kenyamanan yang menumpulkan kortisol dan menghentikan sementara stres," ujar Delbridge.

    Tapi ada hal yang terdengar aneh yang patut Anda coba, carilah rekan yang dapat membuat Anda tertawa hingga dapat menghilangkan stres. Hal ini dapat mengurangi hasrat makan berlebih.

    4. Bermain tetris
    Unduh permainan tetris di smartphone Anda sekarang. Sebuah penelitian di Inggris menyatakan bahwa memainkan game klasik ini selama tiga menit dapat menekan nafsu makan, termasuk kafein dan kecanduan nikotin sampai 24 persen. Efeknya bahkan bisa bertahan setelah Anda selesai main.

    Warna-warna cerah dan bentuk bergerak dalam permainan membuat kemampuan otak untuk memvisualisasikan apa pun yang Anda inginkan. Efeknya berlangsung bahkan setelah Anda keluar dari permainan.

    Baca juga:

    Diet Lemon, Enyahkan 3 Kilogram Hanya dalam 5 Hari

    Tips Melunturkan Lemak di Perut Tanpa Diet

    Diet Cara Militer, Tumpas 7 Kg dalam 3 Hari

    Sukses Diet Berdasarkan Zodiak Anda (II)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES