1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    17 Februari 2016 18:15

    Awas, Penggunaan Parasetamol Saat Hamil Berdampak Asma pada Anak

    Alangkah baiknya jika Anda menghindari mengonsumsi obat-obatan selama kehamilan

    Feed.merdeka.com - Studi terbaru mengatakan bahwa jika seorang wanita hamil menggunakan parasetamol, bayi yang lahir dapat berisiko menderita asma. Parasetamol adalah obat penghilang rasa sakit dan kerap digunakan untuk mengobati demam dan nyeri selama masa kehamilan.

    Mengutip boldsky.com, para peneliti menemukan bahwa anak-anak dari ibu yang menggunakan parasetamol saat hamil, secara bertahap menunjukkan gejala asma saat mereka mencapai usia 3 tahun.

    Para ahli kesehatan juga menyarankan pada wanita hamil untuk menghindari semua jenis obat yang dijual bebas, karena beberapa dari obat tersebut bisa memiliki efek samping pada kesehatan bayi.

    Sebaiknya, sebelum mengonsumsi obat ini berkonsultasi pada dokter lebih dulu untuk menghindari komplikasi. Sampai saat ini, parasetamol tetap digunakan karena tidak ada cukup bukti yang membuktikan bahwa hal itu bisa mempengaruhi kesehatan bayi.

    Namun, alangkah baiknya jika Anda menghindari mengonsumsi obat-obatan selama kehamilan terutama pada trimester pertama. Jika timbul rasa sakit dan demam, lebih baik berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasinya.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES