1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. U
  6.  » 
  7. UNIK


  8. Reporter : Zika    3 September 2015 12:05

    Tren Merawat Boneka Berhantu yang Bikin Bergidik

    Anda mau merawat boneka yang dianggap membawa hoki ini?

    Feed - Apa rasanya ketika ada boneka yang Anda tahu ada "isinya" duduk manis di atas kasur di kamar? Sebagian besar orang mungkin bergidik dan segera memindahkannya. Tapi untuk masyarakat di Thailand, boneka itu sengaja mereka rawat karena dianggap membawa keberuntungan.

    Look Thep, atau Anak Dewa, demikian boneka-boneka itu diberi nama. Boneka ini diyakini dihuni arwah anak-anak yang diciptakan melalui upacara ritual yang rumit. Mereka dianggap sebagai versi modern dari kuman thong --sebuah praktik menyembah janin manusia yang meninggal dunia di rahim.

    Para pemilik Look Thep dianggap memuja arwah anak-anak yang belum sempat hadir ke dunia tanpa harus memiliki janin mati. Salah satunya adalah DJ radio ternama di Thailand, Bookkoh Thannatchayapan. Ia bercerita mengenai hoki yang dibawa boneka yang diberinya nama Wansai.

    "Hari pertama memiliki dia, saya mengajaknya belanja pakaian di bagian bayi. Tepat setelah saya bayar baju-bajunya, saya dapat telepon bahwa pekerjaan yang pernah dibatalkan, kembali ditawarkan pada saya," cerita Thannatchayapan seperti dilansir dari Oddity Central, Rabu, 2 September 2015.

    Salah satu kolektor boneka ternama di Thailand, Mae Ning, mengaku mulai membuat benda itu tiga tahun lalu. Awalnya, ia hanya iseng karena bingung menghadapi putranya yang keras kepala. Ia kemudian terinspirasi membuat boneka sebagai bentuk representasi anak yang bisa diatur.

    "Saya menempatkan jampi-jampi putra saya ke dalam boneka. Di situlah semuanya bermula," kata Mae Ning yang kini jadi pemilik toko online dan klub pecinta Look Thep.

    Mae Ning kini sudah membuat ribuan boneka yang sudah menanti untuk diadopsi oleh "ayah" dan "ibu". Agar makin menarik, boneka-boneka itu ia didandani dengan rambut, baju, bahkan bobot tambahan agar mirip anak sungguhan. Tidak lupa, ia menambahkan "jiwa" ke dalamnya agar makin nampak hidup.

    Baca juga: 

    Rumah-Rumah Ini Dihantui Almarhum Selebriti 

    Kisah Kerasukan Paling Mengerikan 

    Film-Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES