1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. E
  6.  » 
  7. ENTERTAINMENT


  8. Reporter : Indra    2 April 2015 09:26

    Mengenang Film Horor Terbaik Indonesia

    Film horor ini bisa bikin jantung Anda lepas.

    Feed - Harus diakui kalau film horor Indonesia sempat menjadi film favorit di tahun 80-an hingga 2000. Tak hanya peran para pemainnya, jalan cerita yang diambil juga biasanya datang dari kejadian nyata atau cerita rakyat.

    Sayangnya, beberapa tahun belakangan ini ketegangan dan esensi seram film horor Tanah Air seakan memudar dengan dominasi unsur sensualitas yang jadi tujuan utamanya. Tak jarang, beberapa rumah produksi rela memakai bintang panas dunia untuk mendongkrak film yang "katanya" bergenre horor itu.

    Dari puluhan film horor yang berhasil diproduksi anak bangsa, mungkin hanya hitungan jari yang benar-benar menghadirkan jalan cerita berkualitas dan menimbulkan ketegangan, bahkan hingga membuat jeritan di tiap scene-nya. Berikut adalah deretan film horor terbaik Indonesia.

    1. Pengabdi Setan

    via horrorpedia.com

    Film horor yang satu ini bisa dikatakan jadi film horor tanah air yang berhasil malang melintang di luar negeri seperti Amerika Serikat, Eropa, hingga Jepang, meskipun hanya dalam format DVD. Film yang disutradarai oleh Sisworo Gautama Putra pada tahun 1980 itu juga dikenal sebagai salah satu dari beberapa film horor pertama yang menggantikan tema horor kepercayaan Kristen atau Buddha dengan kepercayaan Islam.

    2. Sundel Bolong

    via merdeka.com

    "Bang, satenya bang! Sate 200 tusuk makan di sini", begitu salah satu cuplikan dalam film 'Sundel Bolong' yang masih terngiang hingga saat ini. 'Sundel Bolong' merupakan film horor dewasa tahun 1981 Indonesia yang juga arahan sutradara Sisworo Gautama Putra. Suzanna dan Barry Prima jadi pemeran utamanya. Film ini jadi film pertama yang diangkat berdasarkan mitos sundel bolong dan dianggap sebagai film yang mempopulerkan mitos itu hingga meluas ke Nusantara.

    3. Takut : Face Of Fear

    via fredanderson.typepad.com

    Maju puluhan tahun ke depan tepatnya tahun 2008, di tengah gejolak genre horor bercampur dengan komedi dan kental dengan unsur sensualitas, muncul sebuah film dengan sensasi ketakutan yang luar biasa.

    'Takut' atau 'Face Of Fear' merupakan sebuah kompilasi film horor pendek dari tujuh sutradara yang menghasilkan enam cerita film dalam satu antologi. Sutrada yang terlibat dalam film ini antara lain Rako Prijanto, Riri Riza, Ray Nayoan, Robby Ertanto, Raditya Sidharta, dan The Mo Brothers (Kimo Stamboel & Timothy Tjahjanto).

    4. Jelangkung

    via metrotvnews.com

    Film 'Jelangkung' jadi pendobrak gairah film horor yang mulai redup karena buruknya kualitas dan jalan cerita film saat itu. Dirilis tahun 2001, film 'Jelangkung' sukses membius dan menebarkan rasa takut bagi penontonnya. Selain menyajikan cerita yang menyeramkan, kekuatan dari film ini juga bisa dilihat dari kekuatan fotografi, editing, dan suara untuk membangun suasana ngeri.

    5. Keramat

    via adithiarangga.wordpress.com

    Berbeda dengan film horor lainnya, film 'Keramat' hadir sebagai terobosan horor yang pernah dilakukan oleh sineas indonesia. Dari segi pengambilan gambar, film ini menggunakan teknik Handheld Camera dan dilakukan tanpa skenario. 'Keramat' terbilang film horor Tanah Air yang paling menakutkan. Pasalnya dalam film ini tak hanya berbicara soal takut menakuti saja, tetapi ada nilai-nilai baik yang tersurat dalamnya.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES