1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. P
  6.  » 
  7. PERISTIWA


  8. Reporter : Indra    9 April 2015 09:23

    Kisah Penyusup Pesawat: Demi Naik Haji Hingga Bertemu Jokowi

    Mereka nekat bertaruh nyawa di “dalam” pesawat.

    Feed - Kisah Mario menyusup ke dalam pesawat dua hari silam itu bikin geger tanah air. Bagaimana tidak, pria dengan nama lahir Mario Steven Ambarita itu berhasil menyelinap ke dalam pesawat Garuda Indonesia GA 177 bertahan satu jam lebih di rongga roda pesawat.

    Tetapi, Mario bukan orang pertama yang berhasil menyusup ke dalam pesawat. Mario tak sendiri. Dengan tujuan ingin naik haji hingga bertemu sang Presiden, mereka nekat bertaruh nyawa di “dalam” pesawat.

    1. Tarsono

    via kompas.com

    Tarsono tercatat sebagai orang Indonesia pertama yang menyusup ke dalam ruang roda pesawat. Kejadian ini terjadi 18 Februari 1981 silam. Saat itu ia menyelinap diam-diam ke ruang roda pesawat Mandala rute Semarang-Jakarta.

    Aksi nekat Tarsono terbongkar setelah petugas melihat cucuran darah dari bagian belakang ruang roda pesawat. Tubuhnya menghitam berlumuran oli. Beruntungnya, Tarsono yang diketahui seorang gelandangan itu masih bernapas dan dipulangkan ke Semarang setelah mendapat perawatan medis.

    2. Choiron Nasichin

    via dream.co.id

    Gegar pria menyusup ke dalam pesawat juga pernah terjadi pada tahun 1992. Kala itu pria asal Jombang bernama Choiron Nasichin nekat menyusup ke dalam pesawat untuk pergi haji.

    Pria kelahiran 1962 itu nekat masuk ke dalam pesawat diam-diam karena tidak punya biaya untuk pergi haji yang saat itu sebesar Rp6 juta. Namun, sejak kejadian itu simpati berdatangan. Sejumlah pihak menawarinya untuk naik haji. Hingga akhirnya dia bisa benar-benar naik haji dengan bantuan Haji Tosim pada 1994.

    3. Nano

    via vauzi.net

    Pemuda asal Jawa Tengah yang diketahui bernama Nano ini berhasil mengelabui petugas keamanan Bandara Soekarno-Hatta setelah berhasil menyusup masuk ke dalam pesawat tanpa tiket.

    Kejadian itu terjadi pada Desember 2007 silam. Nano diduga menyelinap dari samping. Aksi Nano terbang lintas udara gagal setelah ia dicurigai dan ditanya mengenai tiket perjalanan oleh pramugari.

    4. Mario

    via okezone.com

    Aksi menyusup ke dalam pesawat yang baru-baru ini terjadi dilakukan oleh Mario, pria 21 tahun yang dikethui bertengger selama satu jam di rongga roda pesawat Garuda Indonesia GA 177. Setelah dilakukan pemeriksaan, motif aksi nekatnya itu didasari keinginannya untuk bertemu orang nomor satu di Indonesia, Joko Widodo.

    Baca juga: Facebook Panduan Penumpang Gelap Hingga Penculikan

    Makhluk Misterius Ini Dikabarkan Ada di Indonesia

    Camilan Termahal, Seharga Ferrari Tetrarossa

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES