1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     29 Februari 2016 11:40

    Hati-hati, Earphone Bisa Menyebabkan Tuli Permanen

    Menggunakan earphone dapat menyebabkan infeksi telinga dan tidak baik untuk kesehatan jantung.

    Feed.merdeka.com - Mendengarkan musik adalah hal yang sering kita lakukan untuk mengusir rasa jenuh. Biasanya, musik yang didengarkan menggunakan earphone terasa lebih menyenangkan.

    Namun, ketika Anda menggunakan earphone sebaiknya berhati-hati. Apalagi mendengarkan musik dengan volume yang keras sebab dapat membuat telinga Anda infeksi dan bahkan bisa mengalami tuli permanen.

    Menggunakan earphone terlalu lama pun dapat menyebabkan kerusakan sel-sel rambut di bagian dalam telinga.

    Untuk itu, berikut yang harus Anda perhatikan saat menggunakan earphone agar tetap aman tanpa merugikan kesehatan telinga Anda. Simak ulasaanya.

    1. Istirahat setelah 30 menit
    Jangan mendengarkan musik keras selama lebih dari 30 menit. Istirahatkan telinga minimal 15 menit.

    2. Jangan gunakan earphone ukuran kecil
    Earphone berukuran kecil secara langsung masuk ke saluran telinga, sehingga dapat menghalangi saluran udara di telinga Anda. Hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri, infeksi telinga dan akumulasi kotoran telinga, sehingga dapat menggangu pendengaran.

     

    3. Dapat mengganggu organ lainnya
    Menggunakan earphone dengan volume keras mengakibatkan gangguan tinnitus. Tinnitus ialah gangguan di mana pasien merasa suara konstan seperti dering atau berdengung di telinga. Hal ini dapat mengarah pada sakit kepala hebat.

    4. Kerusakan otak dan jantung
    Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh handphone dan earphone juga dapat menyebabkan kerusakan otak dan jantung.

    5. Infeksi telinga
    Berbagi earphone dengan orang lain juga dapat menyebabkan infekasi telinga. Sebab, Anda tidak pernah mengetahui apakah orang tersebut menderita infeksi telinga atau tidak. Untuk, itu hindari berbagi earphone dengan oranglain.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES