1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 


  5. Reporter : Indra    2 Februari 2015 14:23

    Deretan Negara Maju yang Paling Banyak ‘Kebobolan’

    Negara ini miskin pendidikan soal seks.

    Feed - Edukasi soal seks itu penting untuk menekan tingkat kehamilan pada remaja. Di negara-negara maju, secara efektif remaja diajarkan sejak dini untuk mengetahui risiko yang terkait dengan hamil di usia muda.

    Selain risiko fisik yang meliputi berat badan rendah, anemia, hingga belum mandiri secara finansial, hamil di usia remaja juga sangat memengaruhi kualitas hidup dan kemajuan suatu negara. Risiko putus sekolah semakin tinggi dan cenderung bergantung pada negara untuk bantuan secara finansial.

    Mississippi dan Texas misalnya, kedua negara bagian Amerika Serikat itu merupakan kawasan yang memiliki tingkat kehamilan remaja paling tinggi. Seperti dikutip therichest.com berikut adalah deretan negara maju dengan kehamilan remaja tertinggi yang dihitung per 1.000 remaja.

    1. Australia

    via sheknows.com

    Sistem pendidikan seks di Australia saat ini sedang membutuhkan banyak perubahan. Bagaimana tidak, negara kangguru itu mengalami lompatan drastis terkait kehamilan remaja.

    Angkanya mencapai 43,7 per 1.000 remaja wanita di Australia. Hal itu diakibatkan remaja Australia tidak menemukan bantuan dalam hal pengendalian kelahiran dan layanan aborsi.

    2. Inggris

    via pregnancy.lovetoknow.com

    Inggris juga jadi negara dengan tingkat kehamilan remaja tertinggi di negara maju dengan angka 46,9 per 1.000. Penyebabnya adalah minim pendidikan tentang seksual yang komprehensif, stigma kesehatan perempuan, dan isu-isu agama.

    3. Bulgaria

    via modernmom.com

    Pendidikan tentang seks di Bulgaria sangat dibutuhkan. Pada tahun 2010, tingkat aborsi di Bulgaria untuk wanita antara 15 dan 44 mencapai lebih dari 14/1.000.

    Dari hal itu menunjukan bahwa remaja di Bulgaria belum sepenuhnya memiliki pengetahuan tentang bagaimana mencegah kehamilan, bagaimana kehamilan terjadi, dan bagaimana hal itu memengaruhi kehidupan.

    Mereka juga tidak mendapatkan alat kontrasepsi pada tingkat yang seharusnya. Angka wanita yang ‘kebobolan’ di Bulgaria mencapai 83,3 per 1000 remaja.

    4. Amerika Serikat

    via parentdish.com

    Amerika Serikat dipandang sebagai negara yang maju dalam banyak hal. Tapi tidak jika berbicara soal ukuran kemakmuran dan kesejahteraan. Amerika Serikat punya catatan buruk soal pendidikan, khususnya tentang seks.

    Kurangnya dana serta pandangan keagamaan yang konservatif menyebabkan sebagian remaja wanita di Amerika tidak menerima pendidikan seksual yang memadai. Hal itu yang menyebabkan pandangan kuno tentang pengendalian kelahiran dan aborsi.

    Di Amerika tingkat kehamilan remaja mencapai 83,6 per 1000. Dengan angka tersebut, negara yang dipimpin Barack Obama itu memiliki tingkat tertinggi kehamilan remaja dari negara berkembang sepenuhnya.

    5. Rusia

    via theguardian.com

    Rusia menjadi negara maju yang punya angka paling tinggi terkait kehamilan remaja. Angkanya mencapai 101,7 per 1000 remaja wanita.

    Rusia memiliki tingkat kelahiran rendah, tetapi tingkat kehamilannya lebih tinggi, dibanding Amerika Serikat. Angka fantastis itu didapat akibat minimnya layanan kepada remaja yang aktif secara seksual dan tidak ada penerapan penggunaan alat kontrasepsi atau informasi berharga tentang pendidikan seksual.

    (zzu)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES