1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    2 Februari 2015 12:22

    Empat Hal Ini Bisa Bikin Anda Cepat Pikun

    Pikun bukanlah proses normal dari penuaan.

    Feed - Pikun adalah salah satu kondisi di mana manusia mengalami penurunan kemampuan otak seperti pemikiran, daya ingat, dan penggunaan bahasa. Hal seperti itu biasanya kerap dialami manusia saat menjelang usia tua.

    Tak ada yang bisa dimaklumi dari kondisi pikun ini. Fatalnya, jika terus menerus dibiarkan akan berujung menjadi penyakit Alzheimer, gangguan pada otak yang menyebabkan penurunan daya ingat hingga kemampuan mental.

    Yang harus dipahami, pikun bukanlah proses normal dari penuaan. Anak muda yang tidak memperhatikan gaya hidupnya juga bisa mengalami pikun. Penyebabnya macam-macam, salah satunya yakni kebiasaan sehari-hari yang tak disadari banyak orang. Berikut penyebab manusia mengalami pikun.

    1. Kerusakan Sel Otak

    via andikanatasurya

    Pikun disebabkan oleh adanya kerusakan pada sel-sel otak yang membuat kemampuan komunikasi antar-sel terganggu. Biasanya kerusakaan itu diakibatkan oleh faktor genetis, kecelakaan fisik pada otak, trauma, geger otak, hingga gaya hidup tidak sehat. Baca selengkapnya Kerusakan Sel Otak Penyebab Pikun.

    2. Strees Atau Depresi

    via necturajuice.com

    Sebuah penelitian yang dilakukan University of Iowa mengatakan bahwa ada hubungan antara hormon kortisol yang meningkat saat stres, dengan kehilangan memori jangka pendek pada lansia.

    Jika stres terus menyerang, maka secara perlahan hormon kortisol menipis. Akibatnya proses otak menyusut dan bisa hilang. Baca selengkapnya Stress Penyebab Pikun.

    3. Kurang Tidur

    via seputarfitness.com

    Kesibukan sepanjang hari sering kali jadi penyebab utama seseorang sulit mendapatkan kualitas tidur yang baik. Hasilnya, mereka tak mampu berkonsentrasi dan cenderung mengandalkan secangkir kopi untuk menjaga stamina tubuh.

    Padahal dorongan kopi punya dampak negatif terhadap kemampuan berpikir dalam jangka panjang. Hal itu dikarenakan kurang tidur bisa membuat orang mudah pikun.

    Sebuah studi menyatakan, orang yang tidak punya kualitas tidur baik cenderung lebih cepat mengalami penurunan kemampuan daya ingat dibandingkan mereka yang cukup tidur. Baca selengkapnya Kurang Tidur Penyebab Pikun.

    4. Obat

    via kompas.com

    Obat dan zat-zat ilegal ternyata bisa mempengaruhi kualitas ingatan manusia. Obat bekerja mengubah proses kognitif serta mengganggu zat kimia yang berkaitan dengan pembentukan ingatan atau proses mengingat kembali.

    Salah satu obat terlarang adalah ekstasi. Ekstasi diketahui bisa menghancurkan memori. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa ekstasi bisa mengubah zat kimia otak yang bekerja pada saraf dan menyebabkan kerusakan ingatan. Baca selengkapnya Obat Penyebab Pikun.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES