1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Denisa    4 Februari 2015 08:00

    Bunda, Ini Tips Atasi Mimpi Buruk pada Anak

    Para orang tua diharapkan tak ikut cemas.

    Feed - Mimpi buruk seringkali membuat anak menangis dan ketakutan. Bahkan, tak jarang mimpi itu terus membayangi meski sang anak dalam kegiatan.

    Gejala itu memang menjadi bagian dari fase ketakutan anak. Sebagai orang tua, sebaiknya Anda jangan ikutan cemas. Untuk mengurangi ketakutan anak pasca mimpi buruk, perhatikan beberapa cara berikut ini :

    1. Nyalakan lampu saat tidur
    Untuk meredakan rasa takutnya, sementara waktu, nyalakan lampu setiap malam. Hal itu untuk menghindari gelap yang dapat memicu ingatannya akan mimpi buruk tersebut.

    2. Bicarakan soal mimpi buurk
    Ajak anak untuk menceritakan mimpi buruk yang dialaminya. Dengan demikian Anda dapat mengerti kekhawatirannya sekaligus memberi penjelasan untuk tetap tenang.

    3. Buat rutinitas menyenangkan sebelum tidur
    Biasakanlah membaca buku atau berdoa bersama sebelum tidur. Kegiatan  ini bisa membuat anak lebih tenang dan tidak takut saat tidur.

    4. Pergi ke psikolog
    Jika mimpi buruk itu sudah mempengaruhi kejiwaan anak dan sudah tidak bisa diatasi tangan sendiri, jangan ragu membawa si buah hati ke psikolog. Berkomunikasi dengan psikolog merupakan salah satu jalan agar penanganan itu lebih intensif. Baca selengkapnya Atasi Mimpi Buruk Pada Anak

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES