1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    20 Oktober 2015 11:36

    Anak Sehat Tanpa Obat di Markas Sehat

    Jika berminat datang ke Markas Sehat, siapkan mental Anda. Karena di sinilah logika Anda diluruskan dengan keras.

    Feed- Sebagai orangtua baru, rasa panik melanda ketika anak demam, pilek hingga sulit bernapas, atau muntah. Pemikiran singkat dan ringkas pasti akan langsung membawanya ke rumah sakit untuk mendapat bantuan dokter dan obat-obatan.

    Namun, ternyata ada rumah sakit yang akan mengecewakan orangtua yang mengharapkan obat. Adalah  Praktik Dokter Markas Sehat (PDMS), sebuah klinik pemberi layanan medis yang menjadikan obat-obatan sebagai pilihan terakhir saat sakit. Klinik ini lebih mengedepankan interaksi dengan orangtua serta mengajak melihat riwayat penyakit si anak.

    via http://websta.me

    PMDS yang akrab disebut Markas Sehat juga menjadi sarana diskusi dan sharing pengalaman orangtua seputar seluk-beluk kesehatan anak. Dengan demikian, para orangtua diharapkan memiliki pengetahuan kesehatan anak yang ideal tanpa harus melibatkan obat-obatan kimia. Selain itu, juga membentuk pola pikir yang kritis dan rasional di diri para orangtua.

    (Baca juga: Tips Turunkan Panas Anak dari Orangtua Berpengalaman)

    "Kami memang mengedepankan interaksi, diskusi dengan orangtua langsung dibanding hanya datang ke dokter untuk mendapatkan resep obat. Orang jadi tahu atau tidak bagaimana kesehatan anak," ungkap Vida Parady dari Bagian Humas Markas Sehat, ketika berbincang dengan FEED.ID, di bilangan Jakarta Pusat, Senin, 19 Oktober 2015.



    Klinik Markas Sehat yang digagas dokter spesial anak, Purnawanti, dan dinaungi Badan PBB untuk Kesehatan, WHO, ini menggunakan metode EBM (Evidence Based Medicine). Ini merupakan teknik yang digunakan untuk pengambilan keputusan dalam mengelola pasien dengan mengintegrasikan tiga faktor, yaitu keterampilan dan keahlian klinik dari dokter, kepentingan pasien, serta bukti ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan.

    (Baca juga: Apakah Anak Anda Benar-benar Membutuhkan Antibiotik?)

    Tapi Anda yang ingin ke sini, persiapkanlah mental. Karena beberapa review mereka yang sudah menuju ke Markas Sehat akan mendapati dokter-dokter senior bermulut tajam yang akan mengoreksi pola penanganan Anda pada penyakit anak. Chriesti misalnya, ibu berusia 31 tahun ini mengaku menangis ketika pertama kali berkonsultasi ke Markas Sehat.



    "Dokter yang saya ajak bicara bisa membuka semua beban diri dan di situ ketahuan kalau saya sebenarnya terkena Baby Blues (gangguan psikologis berupa sedih, cemas dan emosi meningkat yang dialami sekitar 50 - 80 persen wanita setelah melahirkan-Red)," ujar ibu dari satu anak itu.

    (Baca juga: 7 Tipe Kanker Mematikan yang Mengintai Anak-Anak)

    "Tapi entah kenapa saya mau datang lagi ke sana karena apa yang mereka sampaikan itu lebih ke metode bodoh-bodohan. Logika orangtua yang diluruskan," ujar Chriesti lagi.

    Dokter dan tenaga ahli di Markas Sehat bekerja secara sukarela. Dalam sehari, mereka bisa menangani sepuluh hingga 15 pasien. Bila Anda penasaran dengan klinik ini, silakan saja mengunjungi Markas Sehat di Jl. Taman Marga Satwa No.54, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. (Anisha Saktian.P/Zika Zakiya)

    Baca juga:

    Balita Paling Sehat, Jago Akrobat dan Gimnastik

    Tips Usir Batu Ginjal Dengan Pengobatan Rumah

    Anak Luar Biasa, Sepertiga Jantungnya Berada di Luar Tubuh

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES