1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    19 Oktober 2015 12:35

    Cara Tepat Bersihkan Kotoran Telinga Tanpa Cotton Bud

    Bahan-bahan ini dikenal manjur menghapus kotoran telinga.

    Feed - Kotoran telinga adalah salah satu cairan tubuh yang tidak terlihat. Untuk proses pengangkatannya tidak cukup jika Anda hanya mengandalkan cotton bud. Bahkan penggunaannya cenderung berbahaya karena membuat kotoran terperangkap jauh di dalam telinga.

    (Baca: Bahaya Kala Mengorek Kuping dengan Cotton Bud)

    Seperti dikutip boldsky.com, kotoran telinga dapat dihapus dengan mudah menggunakan beberapa bahan-bahan yang tersimpan di rumah Anda seperti berikut ini.

    Minyak parafin

    via indiamart.com

    Ini adalah metode paling aman untuk membersihkan kotoran telinga. Caranya, teteskan minyak parafin hangat ke telinga Anda dan berbaring dengan posisi telinga kanan di bawah, sementara telinga kiri lurus atau sebaliknya. Setelah itu, biarkan minyak mencairkan kotoran telinga dan kemudian dibasuh menggunakan air hangat.

    (Baca: Manfaat Luar Biasa Memijat Telinga di Bagian “Gerbang Surgawi”)

    Hidrogen Peroksida

    via hidroponiq.com

    Cara ini sudah umum digunakan banyak orang. Anda hanya perlu mencampur peroksida dengan minyak kelapa atau minyak zaitun hangat dan lakukan seperti prosedur pada poin pertama. Nantinya, minyak ini akan bertindak sebagai pembersih telinga yang dapat digunakan setiap beberapa jam sampai kotoran telinga benar-benar hilang.

    Gliserin

    via indogeek.com

    Cairan kental tidak berwarna ini juga bisa jadi solusi untuk mengangkat kotoran telinga. Anda hanya perlu menambahkan beberapa tetes gliserin di telinga untuk menghilangkan penyebab kulit kering dan gatal-gatal di area telinga Anda.

    (Baca: Manfaat Menaruh Bawang Putih di Telinga)

    Minyak bawang putih

    via lifqual.com

    Campuran minyak kelapa hangat dengan beberapa polong bawang putih juga dipercaya ampuh untuk usir kotoran telinga. Bawang putih bertindak seperti anti-bakteri dan mencegah infeksi lebih lanjut. Setelah ramuan itu Anda teteskan pada telinga, Anda bisa membilasnya dengan air hangat dan dikeringkan menggunakan handuk.

    Baca juga:

    Bahaya Kala Mengorek Kuping dengan Cotton Bud

    Khasiat Luar Biasa Menjepit Telinga dengan Penjepit Baju

    Manfaat Luar Biasa Memijat Telinga di Bagian “Gerbang Surgawi”

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES