1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TRAVEL


  8. Reporter : Indra    11 Desember 2014 12:04

    5 Museum Andalan Jakarta

    Museum fashion hingga museum tengah kebun jadi museum paling jagoan yang ditawarkan di Jakarta.

    Feed - Museum Fatahillah sudah jadi ikon museum di Jakarta. Bangunan itu dikenal memiliki sejarah panjang sekaligus saksi perjalanan kota Jakarta.

    Namun ibu kota tidak hanya memiliki Museum Fatahillah saja. Museum Fashion hingga museum Tengah Kebun juga menjadi andalan destinasi wisata di Jakarta. 

    Berikut museum terbaik di Jakarta yang juga patut dikunjungi selain Museum Fatahillah.

    1. Museum Art One Mondecor

    Museum art mondecor via travel.detik.com

    Museum Art One Mondecor memang tak familiar di telinga warga Jakarta. Tapi keberadaan museum ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu tepatnya tahun 1983.

    Memasuki ruang pameran, Anda akan disambut dengan desain bangunan modern berbentuk persegi berlantai tiga.

    Mondecor tidak hanya berfungsi sebagai mana museum yang hanya memperlihatkan barang-barang bersejarah. Tempat ini juga juga mempunyai galeri seni yang memuat hasil karya seniman-seniman muda yang meliputi lukisan, karya seni rupa, mural, dan juga video. Baca selengkapnya di sini.

    2. Museum Harry Darsono

    Museum Harry Darsono via travelmatekamu.com

    Berada di Selatan Jakarta, museum ini menjadi salah satu museum yang langka di Ibu kota.

    Museum Harry Darsono dapat dikategorikan sebagai museum fashion dan merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia. Jika dilihat dari luar, museum ini terkesan seperti kerajaan dengan sentuhan kuno, elegan, klasik dan abadi.

    Museum Harry Darsono memamerkan karya-karya fenomenal terutama yang berhubungan dengan rancang busana, asesoris, dekorasi interior sebagai setting dimana gaun ciptaannya dikenakan. Baca selengkapnya di sini.

    3. Museum Tengah Kebun

    Museum tengah kebun via satyawinnie.com

    Museum tengah kebun ini bukan kebun liar tak berpenghuni dan tidak terawat. Museum ini merupakan salah satu museum yang wajib banget dikunjungi di akhir pekan.

    Tidak banyak orang yang mengetahui kebaradaan museum ini, padahal tempatnya terletak di pusat hiburan populer di jakarta, Kemang.

    Untuk bisa menikmati beberapak koleksi dari museum ini tidak mudah, pengunjung yang ingin datang harus memiliki rombongan paling banyak 12 orang dan waktu berkunjung harus ditetapkan jauh-jauh hari serta harus melewati perundingan dengan pengelola museum. Baca selengkapnya di sini.

    4. Museum Katedral Jakarta

    Museum Katedral via yahoo.com

    Museum Katedral diresmikan pada tanggal 28 April 1991 oleh Mgr Julius Darmaatmadja. Ide awal pembuatan museum ini diprakarsai oleh pastor kepala Katedral pada waktu itu, yaitu Pater Rudolf Kurris yang mentintai akan benda-benda bersejarah.

    Museum Katedral berada di dalam Gereja Katedral pada lantai bagian atas dengan denah ruang yang berbentuk U. Anda yang berkunjung akan disajikan dengan benda-benda peninggalan orang kudus yang sudah meninggal seperti rambut, potongan pakaian, dan serpihan tulang yang disimpan dalam wadah kecil berbentuk bundar. Baca selengkapnya di sini.

    5. Museum Bank Indonesia

    Museum Bank Indonesia via anekatempatwisata.com

    Museum Bank Indonesia yang bertempat di Jalan Pintu Besar Utara nomor 3, Jakarta Barat (depan stasiun Beos, Kota) ini awalnya adalah sebuah rumah sakit Binnen Hospital.

    Namun gedung ini dimanfaatkan untuk menjadi sebuah museum pada 21 april 2009 dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

    Memasuki ruangan museum, kita akan disambut dengan ruangan Transisi atau Playmotion. Di sini terbilang menyenangkan karena kita bisa menikmati permainan interaktif yang keluar dari proyektor khusus dengan menampilkan beberapa mata uang terbang dan muncul informasi tentang mata ketika ‘tertangkap’ oleh pengunjung. Baca selengkapnya di sini. (Ism)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES