1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     23 Juni 2016 13:11

    Turunkan Berat Badan dengan Minum Susu

    Kata siapa minum susu bikin gemuk?

    Feed.merdeka.com - Banyak anggapan bahwa meminum susu dapat membuat berat badan bertambah. Namun faktanya meminum susu justru membuat tubuh menjadi langsing.

    Mengapa demikian? dokter spesialis gizi, Emilia Achmadi, menjelaskan, susu memang memiliki lemak. Namun hanya sedikit dibandingkan kandungan lain dari susu yang lebih bermanfaat.

    "Susu ternyata dapat membakar lemak di tubuh. Ini karena adanya pencernaan  yang mengolah kandungan di dalam susu membutuhkan energi yang banyak," ujar Emilia saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

     

    Emilia mengatakan, lemak susu juga bisa membantu mengaktifkan brown fat yang berguna untuk membunuh yellow fat.

    Apa itu Brown dan yellow fat? Sesuai dengan namanya brown fat berwarna coklat, tidak bergelambir, padat dan banyak terdapat pada saluran darah. Makin banyak brown fat makin baik tubuh Anda.

     

    Sedangkan yellow fat berwarna putih dan jernih, tidak padat serta senang bergelembair di bawah lengan. Orang gemuk pun banyak terdapat yellow fat dan kadar metabolisme perlahan. Jantung dan paru-paru terpaksa bekerja keras.

    Anda pun harus mengonsumsi susu dengan aturan yang tepat. "Minum susu sebaiknya tiga kali sehari sebanyak 250 cc atau satu gelas pada saar sarapan, siang hari dan sebelum tidur," papar Emilia.

    Selain itu, Anda bisa meminum susu lebih dari 45 menit setelah olahraga. Susu yang dianjurkan pun berjenis UHT dan pasteurisasi, tidak dianjurkan mengonsumsi susu bubuk dan kental manis karena tidak memiliki protein yang dibutuhkan tubuh.

    "Susu full cream lebih baik dikonsumsi daripada low fat untuk membuat tubuh langsing", tambah Emilia.

    Baca juga:

    Apakah Memadukan Susu dan Buah Aman Bagi Kesehatan?

    Tips Menangani Anak yang Alergi Susu Sapi

    6 Manfaat Super dari Racikan Ajaib Susu dan Kunyit

    Jangan Dibuang, Susu Basi Bisa Digunakan untuk 5 Hal Ini

    5 Susu Pilihan Selain Susu Sapi

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES