1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Anisha    17 Maret 2016 13:00

    Trik Menyimpan Tomat Agar Tetap Segar

    Ada tiga trik yang bisa membuat tomat Anda lebih tahan lama dan segar.

    Feed.merdeka.com - Saat berbelanja tomat, wanita kerap kali membeli dengan jumlah yang banyak untuk persediaan di rumah. Namun, buah merah ini mudah sekali busuk.

    Menurut Harold McGee, penulis buku On Food and Cooking, ada trik tertentu untuk menyimpan tomat. Malah ada tiga trik yang bisa membuat tomat Anda lebih tahan lama dan segar, di antaranya:

    1. Simpan pada suhu ruangan
    Tomat berasal dari iklim hangat oleh karenanya tomat harus disimpan dalam suhu ruang. McGee mencatat bahwa menyimpan tomat dalam lemari es hanya akan merusak kualitasnya, mulai dari warna, tekstur, dan rasanya. Menyimpan tomat dalam lemari es juga akan menghambat enzim alami yang terkandung dalam buah tomat.

    2. Tutup bagian batangnya
    Beberapa tomat segar masih memiliki batang yang melekat pada buah. Batang ini bisa memengaruhi usia simpan tomat. Ambil isolasi lalu tutup bagian ujung batang tomat hingga tertutup rapat. Cara ini dapat menghentikan proses penuaan buah tomat dengan cepat.

    3. Simpan terbalik
    Buah tomat akan bertahan segar lebih lama jika disimpan dengan cara terbalik, yakni bagian pangkal buah diletakkan di bagian dasar wadah. Proses oksidasi akan berkurang jika pangkal buah tomat terlindungi dari udara sekitar. Simpan tomat di wadah yang terbuka agar tomat tidak cepat busuk karena suhu yang panas.

    Baca juga:

    Usir Bau Tak Sedap di Kulkas Cuma Butuh 5 Menit, Ini Caranya

    Trik Mudah Menghilangkan Pestisida dari Sayur dan Buah

    Daftar Nama Sayur dan Masa Kadaluarsa Penyimpanannya

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES