1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Anisha    17 April 2016 11:02

    Terkuak Mengapa Pria Lebih Rentan Terkena Penyakit Jantung

    Dibanding wanita, pria melakukan lebih banyak aktivitas berisiko.

    Feed.merdeka.com - Diperkirakan 17,5 juta orang di dunia meninggal karena penyakit jantung pada tahun 2012. 75 persen kematian tersebut terjadi di negara dengan penghasilan rendah dan menengah.

    Penyakit kardiovaskular merupakan penyakit yang disebabkan gangguan fungsi dan pembuluh darah. Kardiovaskular di sini adalah penyakit jantung koroner, penyakit serebrovaskular (otak dan pembuluhnya), penyakit pembuluh darah perifer, penyakit jantung rematik, penyakit jantung bawaan, gagal jantung, aritmia dan penyakit katup, thrombosis vena dalam, dan emboli paru.

    (Baca: Siapa Sangka, Secangkir Teh Sehari Bisa Melawan Sakit Jantung)

    Penyakit ini dapat menyerang siapapun baik pria maupun wanita, tergantung dengan gaya hidup seseorang. Dikatakan dr. Basuni Radi, SpJP (K), ada beberapa faktor yang membuat seseorang rentan terkena penyakit jantung.

    "Merokok, obesitas atau kelebihan berat badan, kurang berolahraga, tekanan darah tinggi dan diabetes," demikian jelas dr. Basuni saat ditemui dalam acara 'Dua Puluh Lima Tahun ASMIHA: Berbagai Pencapaian Dalam Bidang Kardiovaskular dan Tantangan yang Dihadapi' di bilangan, Kuningan Jakarta Selatan.

    Meski demikian, pria lebih rentan terkena penyakit jantung. Itu karena ada beberapa hal yang memengaruhi. "Pria lebih rentan terkena penyakit jantung karena gaya hidup yang tidak teratur seperti merokok, minum minuman alkohol, serta faktor hormonal," tambah dr. Basuni.

    Basuni pun menambahkan penyakit jantung bisa dihindari dengan cara yang sederhana. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat seperti makanan rendah lemak jenuh, lemak trans serta garam.

    "Biji-biji yang kaya serat, ikan, dan sebaiknya mengonsumsi minyak ikan dua kali per minggu, kacang kacangan. Sebaiknya, mengonsumsi susu rendah lemak dan unggas tanpa kulit. Mengurangi minuman manis dan daging merah. Jika ingin mengonsumsi daging disarankan daging tidak berlemak," papar dr. Basuni.

    (Baca: 6 Langkah Penting Agar Jantung Tetap Sehat, Wanita Wajib Baca!)

    Selain makanan yang sehat, olahraga teratur pun menjadi kunci terhidar dari penyakit mematikan nomor satu ini. Lakukan aerobik yang tidak terlalu berat seperti jalan cepat selama 2,5 jam atau jogging dan berenang selama 1,5 jam setiap minggu.

    Baca juga:

    Makan Lalu Tidur Bisa Picu Penyakit Jantung Koroner

    Hati-hati, Flu Bisa Jadi Tanda Serangan Jantung Kardiovaskular

    Waspada, Sakit Gigi Bisa Sebabkan Gagal Jantung dan Ginjal

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES