1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    19 Januari 2016 13:34

    Pertolongan Pertama Jika Terkena Racun Sianida

    Lakukan empat hal ini bila terkena racun sianida.

    Feed.merdeka.com - Kasus meninggalnya Wayan Mirna Salihin setelah meminum Kopi Vietnam di Oliver Cafe, Rabu, 6 Januari 2016 masih bergulir. Pihak berwenang masih belum menemukan siapa sebenarnya pelaku pembunuhan tersebut. Mengutip dari merdeka.com, menurut Kepala Pusat Laboratorium Forensik (Kapuslabfor) Mabes Polri Brigadir Jenderal Alex Mandalika, dalam kopi yang diminum oleh Mirna terdapat 15 gram zat sianida.

    "Di dalam kopi korban mengandung 15 gram zat sianida," kata Alex saat dikonfirmasi, Sabtu, 16 januari 2016. Ia juga menambahkan kandungan sianida sebesar 15 gram pada kopi tersebut sangat tinggi dan sangat mematikan. 90 miligram saja sudah dapat mematikan manusia.

    Orang yang terkena zat korosif ini biasanya akan mengalami gejala pusing, mual, muntah, kehilangan kesadaran, dan kesulitan bernapas, bahkan meninggal dengan mulut mengeluarkan busa. Sianida mampu mengacaukan sel dalam menerima oksigen di dalam tubuh. Racun sianida ini dapat berbentuk gas seperti hidrogen sianida atau dalam bentuk kristal seperti potasium sianida atau sodium sianida.

    Untuk itu perlu Anda ketahui bagaimana memberikan pertolongan pertama bagi orang yang terkena racun sianida. Mengutip dari webmd.com, Anda harus memastikan sianida terhirup, tertelan, atau terserap kulit, baru Anda bisa menanganinya.

    1. Mengobati sianida yang terhirup atau tertelan
    Bila Anda ingin menolong seseorang yang menghirup gas sianida, maka Anda bisa membawanya ke luar menghirup udara segar. Jika Anda tidak bisa pergi jauh, usahakan paparan gas yang lebih besar. Ketika orang yang teracuni sesak napas, Anda bisa melakukan Cardiopulmonary Resuscitation (CPR), tapi ingat untuk tidak melakukan napas buatan.

    2. Mengobati kulit yang terkena sianida
    Anda harus menghindari menyentuh orang yang terkena sianida, hanya pihak medis dengan pakaian khusus yang bisa menyentuhnya. Jika Anda menyentuhnya bisa jadi racun tersebut akan menular dengan cara terserap kulit Anda.

    3. Mengobati mata yang terkena sianida
    Jika mata Anda terkena sianida, segera cuci mata dengan air selama sepuluh menit. Bila Anda menggunakan lensa kontak atau kacamata, segera lepaskan dari mata Anda. Anda dapat mencuci kacamata dengan sabun dan air lalu buang lensa kontak tersebut.

    4. Tindak lanjut
    Meski ketiga cara di atas merupakan pertolongan pertama bagi orang yang terkena sianida, Anda tetap harus melaporkan kejadian ini pada pihak medis untuk diberikan penawar racun dan tambahan oksigen.

    Baca juga:

    Begini Dampak Sianida Ketika Masuk ke Tubuh Wayan

    Manfaat Kesehatan di Balik Makanan "Beracun"

    7 Pertanda Racun Sudah Mengambil Alih Tubuh Anda

    Secangkir Air Garam, Hilang Semua Racun di Tubuh

    6 Makanan Ini “Beracun” Jika Dipanaskan Lagi

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES