1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Anisha    19 Oktober 2015 11:55

    Pecinta K-Pop, Ini Dia 5 Makanan Instan Sehat Korea Selatan

    Bagaimana wujud makanan instan namun sehat dari negara asal Lee Min Ho ini?

    Feed- Makanan cepat saji atau dikenal juga dengan istilah fast food mengacu pada makanan yang disajikan dalam waktu yang relatif cepat. Makanan jenis ini cocok untuk mereka yang super sibuk, punya waktu sedikit untuk aktivitas yang segudang.

    Sayangnya makanan cepat saji ini punya banyak kerugian bagi kesehatan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin dan nutrisinya pun tidak baik untuk manusia.

    (Baca: Mengejutkan! Ini yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Makan Mie Instant)

    Namun, jangan khawatir Anda tetap bisa menikmati makanan cepat saji yang sehat yang diperkenalkan oleh Korea Selatan. Bagaimana wujud makanan instan namun sehat dari negara asal Lee Min Ho ini? Berikut ulasannya.

    1. Toppoki

    via www.japonpop.com

    Toppoki adalah makanan korea yang biasa dijajakan di sepanjang jalan di Korea, dikenal juga dengan nama  tteok jjim. Menurut sejarahnya, makanan ini dibawa dari Dinasti Chosun. Adonan dasar toppoki adalah ddukbokki yang terbuat dari tepung beras, yang direbus kemudian digiling hingga menjadi adonan glutinous, baru dibentuk berbagai rupa.

    "Toppoki, nasi korea, ramen, gochujang, serta miyeokguk, beberapa makanan kemasan yang aman bagi kesehatan bila dikonsumsi." tutur Jae Su Kim, President Korea Agro-Fisheries and Food Trade Corporation, saat memberikan seminar di Hotel Mulia, Jumat, 16 Oktober 2015.

    2. Nasi kepal Korea

    via discoverableshop.wordpress.com

    Nasi Korea lebih padat, lengket, dan lebih berwarna putih dibandingkan nasi dari negara lain. Nasi instan dalam kemasan ini patut Anda coba dan jangan khawatir akan nutrisinya. "Makanan instan Korea semuanya sudah bersertifikat HSSP, makanan yang kami impor sudah melewati proses teknologi makanan yang sangat canggih jadi tak perlu bahan pengawet dan dijamin kesehatannya," tambah Jae.

    3. Ramen

    via www.seriouseats.com

    Ramen atau ramyun ini merupakan Bahasa Korea untuk mi tarik ala China dan mirip juga dengan ramen jepang. Maka dari itulah banyak orang menyebut ramyun ini sebagai Ramen Korea.

    4. Gochujang

    via blog.cookingchanneltv.com

    Adalah pasta cabai untuk masakan Korea yang bahan utamanya adalah beras ketan dan bubuk cabai yang difermentasi. Secara tradisional, fermentasi gochujang dilakukan di halaman rumah di dalam tempayan tembikar berukuran besar. Lalu diletakkan di alas dari susunan batu yang disebut jangdokdae. Ciri khas gochujang adalah rasanya yang pedas, sedikit manis, walaupun kelihatan sangat merah. Di Korea, gochujang adalah bumbu yang sangat penting.

    5. Miyeok guk atau sup rumput laut

    via www.en.dove.rw

    Sup rumput laut adalah sajian masakan khas Korea dengan cita rasa sedap nikmat. Ia merupakan perpaduan bahan-bahan seperti rumput laut kering yang direndam dan daging segar yang dipotong-potong atau dicincang halus.

    Masakan ini sudah menjadi tradisi dan biasa dihidangkan sebagai suguhan di hari ulang tahun. Selain itu masakan berkuah yang satu ini juga biasa dikonsumsi oleh para ibu hamil untuk menstimulasi asi mereka agar berproduksi lebih baik lagi. (Anisha Saktian.P/Zika Zakiya)

    Baca juga:

    Resep Sedap Agar Mi Instan Sehat Disantap

    10 Mie Instan Terbaik Dunia Tahun 2015 (II)

    Bahaya Mie Instan Buat Ibu Hamil

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES