1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Zika    8 April 2015 14:43

    Lidahmu Indikator Kesehatanmu

    Mulai sekarang perhatikan lidah Anda, apakah mengalami beberapa penyimpangan seperti di bawah ini?

    Feed - Ungkapan "lidahmu harimaumu" bisa berubah sesuai level kesehatan seseorang menjadi "lidahmu kesehatanmu". Lidah merupakan salah satu indera manusia yang memang bisa menjadi indikator kesehatan pemiliknya. Mulai sekarang perhatikan lidah Anda, apakah mengalami beberapa penyimpangan seperti di bawah ini?

    via www.independent.co.uk

    Merah stroberi
    Jika Anda menemukan lidah berwarna seperti ini maka itu pertanda kekurangan vitamin B12 dan zat besi. Dua hal ini dibutuhkan untuk menumbuhkan papilae di lidah. Demikian dikatakan Naomi Ramer, Direktur Patologi Oral dan Maksilofasial di Rumah Sakit Mount Sinai, seperti dilansir dari Reader's Digest. "Jika Anda kekurangan vitamin itu maka Anda akan kekurangan papilae yang akan membuat lidah Anda terlihat sangat mulus," kata Ramer.

    (Baca juga Jajanan Lawas Khas Indonesia Bikin Rindu)

    Bulu lidah
    Adanya bulu mengindikasikan masalah kesehatan di dalam tubuh. Biasanya ini berakar dari saluran pencernaan atau adanya pembengkakan di lidah. Segera singkirkan bulu lidah ini, meski tidak akan menyembuhkan masalah utamanya, setidaknya penghilangan bulu ini akan menguapkan nafas tidak sedap.

    (Lihat juga Ferrari Termahal, Seharga Ferrari Tetrarossa)

    via pixgood.com

    Lidah putih
    Ini mengindikasikan adanya masalah asam, enteritis kronis, kolik, dan masalah sembelit. Seperti dikutip dari Women knows, lidah berwarna putih ini biasanya juga diikuti dengan sedikit pembengkakan. 

    (Berita menarik lainnya 10 Gerbang Neraka di Dunia)

    Kebiru-biruan
    Waspada jika lidah Anda berwarna kebiru-biruan dan mengalami perubahan tekstur. Sebab, ini jadi pertanda adanya pertumbuhan tumor di tubuh. Demikian disampaikan Yang Cai, peneliti dari Cina yang mereferensikan pernyataannya dari Journal of Oncology."Tapi jangan buru-buru melihat ke cermin karena membaca lidah adalah permasalahan yang kompleks dan ada ketidaksepakatan mengenai tampilan lidah yang disampaikan oleh para pakar," demikian kata Yang seperti dikutip dari Carniege Mellon Magazine

    (Lihat 10 Bintang Sepak Bola yang Kini Bangkrut)

    Lidah hitam
    Warna hitam pada lidah menandakan penggunaan berlebih anti-biotik. Dalam beberapa kasus yang sudah parah ini mengindikasikan seseorang terpapar AIDS. 

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES