1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    12 September 2016 10:01

    6 Penyebab Menstruasi Tidak Datang Teratur

    Apakah Anda mengalami hal ini?

    Feed.merdeka.com - Banyak wanita yang mengalami siklus menstruasi yang teratur. Sebenarnya, jika menstruasi sering tidak teratur, maka bisa jadi ada yang salah dalam kebiasaan atau gaya hidup Anda.

    Siklus tidur atau sesuatu yang lain bisa menjadi alasan di balik siklus menstruasi terganggu. Selain itu, ada beberapa hal yang memicu menstruasi tidak teratur, di antaranya:

    1. Sering berolahraga



    Dilansir dari  boldsky, para ahli kesehatan mengatakan bahwa latihan yang sangat intens dan lemak dalam tubuh yang sangat sedikit dapat memperlambat sekresi hormon tertentu. Akibatnya siklus menstruasi akan terhambat.

    2. Mengonsumsi obat-obatan

    Bahkan obat dapat memengaruhi siklus menstruasi. Terutama, obat-obatan yang dapat mengubah hormon seperti obat yang digunakan untuk tiroid. Lebih baik berkonsultasi dengan dokter jika siklus Anda tidak teratur, setelah mengonsumsi obat-obatan.

    3. Berpergian jauh



    Ketika Anda sering berpergian ke berbagai negara, Anda juga dapat mengubah siklus. Hal ini dikarenakan tubuh berjuang keras untuk menyesuaikan diri dengan zona waktu dan iklim yang baru.

    4. Stres
    Stres kronis secara drastis dapat memengaruhi siklus. Bahkan, lingkungan stres tidak menguntungkan bagi reproduksi dan itulah sebabnya tubuh menunda siklus jika tingkat stres terlalu tinggi.

    5. Pola tidur



    Pola tidur tidak teratur dapat membuat siklus menstruasi tidak teratur. Ketika jam tidur tidak teratur, tubuh akan terganggu, bahkan hormon reproduksi akan terpengaruh. Wanita yang bekerja pada shift malam pun akan mengalami siklus yang tidak teratur.

    6. Pestisida

    Paparan pestisida juga dapat memengaruhi siklus bulanan. Sebab, pestisida bisa mengubah tindakan hormon dalam tubuh.

    Baca juga:

    Tips Mencegah Nyeri Saat Datang Bulan

    Percaya atau Tidak, Pria Juga "Datang Bulan" Lho...

    5 Fakta Mencengangkan Soal Datang Bulan, Ngeri Bacanya!

    5 Pantangan Ketika Datang Bulan

    Wanita, Jangan Makan 5 Makanan Berikut Kala Haid

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES