1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    25 Maret 2015 13:10

    Cara Mudah Kurangi Minyak Pada Wajah

    Ketika terlalu banyak sebum, sel kulit mati dapat menyumbat folikel yang menyebabkan iritasi.

    Feed - Munculnya jerawat memang sangat menyebalkan. Umumnya, jerawat yang timbul disebabkan oleh kelebihan minyak atau sebum yang dibuat oleh kelenjar sebaceous di sekitar folikel rambut. Ketika terlalu banyak sebum, sel kulit mati dapat menyumbat folikel yang menyebabkan iritasi, jerawat, whiteheads, dan komedo. Meski tak bisa sepenuhnya hilang, setidaknya ada banyak cara untuk mengurangi produksi minyak atau sebum pada wajah? Berikut caranya seperti yang dilansir healthmeup.com.

    1. Mencuci wajah

    via top10inaction.com

    Untuk menyingkirkan minyak berlebih, cobalah mencuci muka dengan menggunakan pembersih wajah ringan tiga kali sehari. Gunakan pembersih kulit bisa membuka pori-pori tersumbat untuk membantu kulit bernapas. Selain itu Anda juga bisa menambahkan pembersih muka yang punya kandungan benzoil peroksida, asam salisilat, atau minyak pohon teh sebagai bahan utama. Tapi ingat, jangan gunakan pembersih itu lebih dari tiga atau empat kali sehari.

    2. Kunyit

    via blush.com.pk

    Selain jadi ramuan dalam pendongkrak cita rasa makanan, kunyit juga bisa mengurangi minyak yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous. Caranya mudah, Anda hanya perlu mencampur kunyit dengan jus lemon dan sedikit tambahan air untuk membuat scrub. Oleskan ramuan pembersih wajah ke daerah yang jerawat, biarkan selama 15 menit, kemudian cuci dengan air hangat.

    3. Vitamin A

    via toomuchof.com

    Vitamin A merupakan hal penting yang diperlukan untuk penglihatan, fungsi kekebalan tubuh, dan kesehatan kulit. Dengan begitu, vitamin A punya peran penting untul mengobati jerawat. Cobalah untuk menyantap lebih banyak makanan yang kaya vitamin A seperti ubi jalar, susu, sayuran, labu merah, buah semangka, tomat, telur, mangga, dan wortel.

    4. Hindari makanan berminyak

    via wojonutrition.com

    Anda penggemar junk food? Ucapkan selamat tinggal sekarang juga jika Anda ingin punya wajah bersinar tanpa jerawat. Sebagai gantinya, untuk menjaga kesehatan kulit cobalah mengonsumsi sayuran segar dan buah-buahan lebih banyak.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES