1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter : Anisha    3 Maret 2016 11:49

    Hati-hati, Cairan Pembersih Tangan Bisa Buat Tangan Cepat Keriput

    Cairan macam ini juga bisa sebabkan tiga masalah lain, di antaranya...

    Feed.merdeka.com - Menggunakan hand sanitizer atau pencuci tangan sering kita lakukan untuk membuat tangan tetap bersih tanpa harus mencucinya dengan air. Tetapi cara praktis ini tidak baik digunakan terlalu sering. Berikut beberapa kerugian ketika Anda terlalu sering menggunakan hand sanitizer seperti yang dilansir womendailymagazine.com.

    1. Memengaruhi kulit

    Jika pembersih tangan mengandung alkohol dan digunakan setiap hari malah dapat membuat kulit iritasi. Alkohol dapat membuat iritan pada kulit, menyebabkan kulit menjadi bersisik, dan kering. 

    Itulah mengapa menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol akan menyebabkan tangan Anda keriput dini. Jika Anda tidak ingin tangan kering atau keriput, sebaiknya gunakan lotion terlebih dahulu sebelum menggunakan hand sanitizer.

    Ilustrasi hand sanitizer
    © 2016 feed.id/www.traumaready.com

    2. Virus jadi kebal
    Kebanyakan pembersih tangan mengandung triclosan --agen anti-bakteri yang kuat tapi lama-kelamaan dapat menyebabkan perkembangan virus yang kebal dengan anti-biotik (superbug). Sebuah studi menunjukkan bahwa terlalu sering menggunakan triclosan bisa berbahaya bagi sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh lebih rentan terkena penyakit.

    3. Mengandung bahan kimia berbahaya
    Pembersih tangan mengandung lebih banyak bahan kimia dari pada alkohol dan triclosan. Wangi dalam pembersih tangan mengandung phthalates yang dapat menyebabkan kelainan pada produksi hormon.

    4. Tidak efektif
    Pembersih tangan dapat membuang minyak yang dihasilkan dari alam dan bakteri baik dari tangan Anda. Ia juga bisa mengurangi pertahanan penyakit tubuh Anda. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan air dan sabun jauh lebih efektif membasuh bakteri berbahaya.

    Baca juga:

    Wanita Patah Hati Akan Merasakan 5 Sakit Fisik Berikut

    Hanya Ridwan Kamil Wali Kota yang Dicurhati Asmara Warga, Kocak!

    Hati-hati, Hipertensi Mengakibatkan Cepat Pikun

    Ini Cara Sucikan Tangan dengan Pembersih Tangan Buatan Sendiri

    Orang Ini Pakai Celana Tanpa Bantuan Tangan, Kok Bisa?

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES