1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     5 Desember 2017 18:00

    Seberapa sering Anda harus mencuci seprai?

    Seprai itu sangat mudah kotor, semata-mata karena gravitasi. Maksudnya?

    Feed.merdeka.com - Kita menghabiskan sepertiga hidup kita di kasur. Tapi, tahukah Anda, kasur bisa menjadi tempat paling subur bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak. 

    Hal itu disampaikan ahli mikrobiologi New York University, Philip Tierno. Dikutip dari Science Alert, 3 Desember 2017, kehidupan mikroskopis itu akan berkembang pesat di lipatan seprai yang dibiarkan terlalu lama. Pada akhirnya, hal itu yang membuat kita sakit. 

    Bahkan kalaupun Anda tidak punya alergi, Anda akan mengalami reaksi alergi," jelasnya.

    Pertanyaannya, seberapa sering kita harus mengganti dan mencuci seprai?

    Menurut Tierno, seprai itu sangat mudah kotor. Masalah keringat hanya sedikit menyumbang pada kotornya kasur Anda. Faktor terbesar, kata dia, adalah gravitasi. 

    "Gara-gara gravitasi, semua material jatuh ke kasur Anda," kata dia. Semua hal itu, termasuk kotoran, debu, dan lainnya. 

    Satu hingga dua minggu, tumpukan kotoran itu cukup untuk membuat tenggorokan orang gatal dan sakit. Keadaan lebih cepat dan buruk bagi mereka yang memiliki alergi dan asma. 

    "Jika Anda menyentuh kotoran anjing di jalan, Anda ingin mencuci tangan kan. Nah, Pertimbangkan analog itu dengan tempat tidur Anda," imbuh Tierno. 

    Silakan Anda menjawab sendiri, apakah Anda masih ingin tidur di kasur dengan seprai yang kotor itu? (ita)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES