1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. U
  6.  » 
  7. UNIK


  8. Reporter : Indra    13 April 2015 15:07

    Aneka Ritual Unik Para Siswa Jelang Ujian Nasional

    Kini, UN tak lagi serumit seperti beberapa tahun silam.

    Feed - Dulu, Ujian Nasional atau UN kerap kali jadi momok yang menyeramkan di dunia pendidikan. UN kala itu dianggap tidak adil, jalur pendidikan yang ditempuh tiga tahun baik dalam jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Sekolah Menengah Atas (SMA), kelulusannya hanya ditentukan oleh tiga mata pelajaran utama.

    Kini, UN tak lagi serumit seperti beberapa tahun silam. Tolak ukurnya bukan lagi soal lulus dan tidak lulus, tetepi berada pada level sangat baik, baik, cukup, dan kurang. Untuk mengenang masa-masa UN di tahun silam, berikut ritual unik yang dilakukan para siwa sebelum ujian.

    1. SKS (Sistem Kebut Semalam)

    via juniwidyap

    SKS atau Sistem Kebut Semalam ini biasanya jadi andalan para siswa ketika berhadapan dengan ujian. Satu malam penuh dihabiskan untuk menghafal, membaca, dan mencatat.

    2. Bimbingan belajar

    via viva.co.id

    Jelang UN, sejumlah rumah bimbingan belajar biasanya panen siswa. Hampir seluruh siswa yang akan menyambut UN seperti diwajibkan untuk mengikuti bimbingan belajar secara khusus. Tujuannya sederhana, agar lebih fokus dan lebih menguasai materi ujian.

    3. Meminta Maaf

    via dailyiphoneblog.com

    Ini merupakan fenomena yang terjadi pada masa-masa UN beberapa tahun silam. Banyak siswa yang secara dadakan ramai-ramai mengucapkan permintaan maaf melalui pesan singkat dan saling mendoakan satu sama lainnya.

    4. Religius

    via fbccov.org

    Momok Ujian Nasional yang mengerikan pada masa itu rupanya bisa merubah pribadi seseorang secara instan. Tidak bisa dianulir, rasa cemas soal pengumuman hasil ujian membuat banyak siswa yang tiba-tiba mendadak religius. Tidak meninggalkan ibadah dan berdoa.

    5. Berburu kunci jawaban

    via satelitnews.co

    Bangun lebih awal dan menuju sekolah lebih cepat. Begini para siswa di jaman itu yang kerap kali mengandalkan kunci jawaban soal UN. Memang tak bisa dipungkiri, pada saat itu praktek jual beli kunci jawaban berkeliaran bebas dimana-mana yang bisa menjanjikan para siswa lulus 100 persen.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES