1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KRIMINAL


  8. Reporter : Indra    18 Februari 2015 13:00

    Kebiasaan Buruk Berkendara Ini Berujung Maut

    Sekitar 1,3 juta orang di seluruh dunia meninggal dalam kecelakaan di jalan setiap tahun.

    Feed - Tidak bisa dianulir kalau hingga saat ini para pengendara kendaraan pribadi khususnya roda empat masih minim kepedulian keselamatan berkendara. Faktanya, sekitar 1,3 juta orang di seluruh dunia meninggal dalam kecelakaan di jalan setiap tahun. Sementara 20 hingga 50 juta orang terluka dan cacat akibat kecelakaan.

    Penyebabnya bervariasi, mulai dari tidak mengacuhkan sabuk pengaman hingga ugal-ugalan. Untuk meminimalisir cedera dan kematian, berikut adalah beberapa kebiasaan mengemudi yang bisa berujung maut seperti dilansir healthmeup.com.

    1. Berkendara saat letih

    via exchange.aaa.com

    Kebiasaan buruk ini jadi hal yang paling sering kita temukan. Untuk menghindari kecelakaan, hindarilah mengemudi saat dalam keadaan lelah. Lebih baik Anda menepi dan beristirahat atau tinggalkan mobil dan beralih menggunakan taksi.

    2. Berkendara saat mabuk

    via health.com

    Fatal akibatnya jika Anda berkendara dalam pengaruh alkohol. Sebabnya, alkohol mengganggu kemampuan Anda untuk mengarahkan dan bereaksi. Contoh nyatanya yakni tragedi maut Afriyani di kawasan Tugu Tani, Jakarta Pusat, di tahun 2012 silam. Untuk meminimalisir kecelakaan, sebaiknya Anda yang dipengaruhi alkohol beralih menggunakan kendaraan umum seperti taksi.

    3. Kecepatan tinggi

    via kellerlawoffices.com

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa semakin cepat kecepatan yang Anda pacu, maka akan semakin parah kecelakaan yang dialami.

    4. Sibuk dengan gadget

    via health.com

    Saat ini gadget seakan mengandung magnet, sulit dilepaskan dari genggaman tangan. Hal itu juga sering terjadi saat berkendara, banyak orang menggunakan ponsel mereka saat mengemudi.

    Kebiasaan itu tentunya berbahaya, karena fokus mata Anda menjadi terbelah dari jalan. Hal itu disebabkan karena otak manusia sulit melakukan multitasking, yang artinya sulit fokus pada banyak hal.

    5. Ugal-ugalan

    via sheenalawfirm.com

    Meliuk-liuk, ngebut, menerobos lampu merah, dan salip sana-sini. Ugal-ugalan tak membawa banyak manfaat. Celakanya, berkendara dengan ugal-ugalan bisa berujung maut. Bukan hal yang aneh jika sewaktu-waktu Anda bisa “adu banteng” dengan kendaraan lain.

    6. Terburu-buru

    via bergeninsurance.com

    Sangat mengkhawatirkan ketika berkendara dalam keadaan terdesak atau terburu-buru dikejar waktu.Hal itu akan memicu Anda bertindak sembrono. Biasakan untuk meninggalkan rumah lebih awal, sehingga Anda dapat mencapai tujuan tanpa harus mengemudi sembarangan.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES