1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TRAVEL


  8. Reporter : Denisa    17 November 2014 17:14

    Ini 'Surga' Peselancar di Jawa-Bali

    Pantai-pantai yang menantang peselancar dengan ombak tinggi sekitar Pulau Jawa dan Bali.

    Feed.merdeka.com - Sebagai negara maritim, Indonesia menyimpan sejuta pantai dari laut-laut sepanjang Sabang hingga Merauke. Ombak tinggi dan arus yang tidak menentu bagi peselancar merupakan surga untuk bermain dengan papan kesayangan mereka.

    Inilah surga-surga bagi peselancar sekitar Jawa dan Bali:

    1.Pantai Plengkung, Jawa Timur

    Memiliki tinggi ombak mencapai 4 hingga 6 meter, serta panjang hingga 2 kilometer membuat Pantai Plengkung alias G-Land mendapat perhatian dari peselancar dalam dan luar negeri. G-Land berada di Taman Nasional Alas Purwo dan pernah menjadi tuan rumah surfing internasioanal yaitu Banyuwangi G-Land Internasional Team Challange.

    2.Pantai Watu Karung, Jawa Timur

    Baru belajar berselancar, jangan ragu-ragu untuk datang ke pantai Watu Karung di Pacitan, Jawa Timur. Ombak di pantai ini sangat layak bagi para pemula, walaupun posisi pantai menghadap langsung ke Samudera Hindia. Namun, bagi anda yang ingin berselancar juga harus berhati-hati terhadap batu-batu karang yang bisa membuat luka tubuh anda saat berselancar di sepanjang pantai. Usai berselancar, bersantai di hamparan pasir putih pantai ini dengan minimnya pengunjung biasanya.

    3.Pantai-pantai di Uluwatu, Bali

    Bali, pulau tersohor dengan puluhan pantai memang tidak diragukan lagi memiliki banyak spot untuk olahraga air seperti berselancar. Jelajah daerah Uluwatu, cocok bagi anda peselancar yang suka dengan eksotisnya pulau Bali. Pantai-pantai di Uluwatu yang layak untuk berselancar antara lain Pantai Bingin, Labuan Sait, Pantai Padang-padang, Pantai Sulubun dan Pantai Nyangnyang. Ombak tinggi di pantai-pantai itu akan menantang anda dari 5 hingga 8 meter.

    4.Pantai Ombak tujuh, Jawa Barat

    Berada di Kabupaten Sukabumi dengan letak geografis berada di dataran tinggi ternyata terdapat Pantai Ujung Genteng. Bahkan, tanpa disangka garis Pantai Ujung Genteng mencapai 16 kilometer. Para peselancar biasanya dibuat penasaran dengan ombak tujuh gelombang. Pantai Ujung Genteng ternyata masih cukup bersahabat bagi para pemula peselancar, walaupun berada di Laut Selatan Pulau Jawa yang terkenal dengan bersih dan ombak berbahaya.

    5.Pantai Cimaja, Jawa Barat

    Masih di Jawa Barat, pantai satu ini berada di kawasan Pantai Pelabuhan Ratu yaitu Pantai Cimaja. Pantai Cimaja sudah dikenal oleh peselancar domestik untuk belajar ataupun latihan bagi para profesional dalam bermain papan di atas ombak yang menantang. Tak jarang pantai ini sering menjadi tempat perlombaan peselancar. 

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES