1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. F
  6.  » 
  7. FOTO VIRAL


  8. Reporter : Yulistyo Pratomo    21 Juli 2017 11:17

    Hiu mati diangkut pickup di Cilacap bikin heboh medsos

    Foto ini pertama kali diunggah oleh @aditya_mdc melalui akun Twitternya.

    Feed.merdeka.com - Foto hiu mati yang diangkut dengan menggunakan mobil pick up ini jadi perbincangan di dunia maya. Apalagi, hiu yang dibawa tidak hanya satu, melainkan belasan ekor.

    Selama ini, hiu memang menjadi hewan klaut yang paling diburu banyak orang, terutama bagian siripnya. Beberapa restoran malah menyajikan sirip hiu untuk disajikan kepada para pelanggannya.

    Nah, foto yang jadi bahan pembicaraan itu berada di Cilacap, Jawa Tengah. Foto ini pertama kali diunggah oleh @aditya_mdc melalui akun Twitternya.

    "Tolong di tindak lanjuti penangkapan hiu di cilacap..bener tidak nya @fishGOD @r_djangkaru," tulis Aditya.

    Hiu mati yang diangkut mobil pick up tersebut diketahui berjenis hiu tikusan atau alopias pelagicus. Hewan ini merupakan predator laut dan banyak terdapat di perairan selatan Jawa, hiu ini juga bukan spesies yang dilindungi.

    Seringkali kapal-kapal besar secara tidak sengaja menangkap hiu tersebut di perairan Cilacap. Sejumlah pihak sudah berupaya meminta para nelayan untuk melepaskannya, sayangnya jumlah uang yang besar untuk penjualan hiu membuat mereka kerap mengabaikannya.

    Sementara, Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Cilacap memandang ada beberapa hiu dalam foto tersebut di atas merupakan hewan dilindungi, yakni hiu koboi (Charcharhinus longimanus). Upaya penegakkan hukum sempat dilakukan, namun sayang tidak adanya jeratan hukum yang jelas membuat pelaku kembali dilepaskan.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES