1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. F
  6.  » 
  7. FOTO VIRAL


  8. Reporter :     16 Oktober 2017 11:31

    Coba tebak, warna sepatu ini abu-abu atau pink?

    Jadi teringat perdebatan dress warna hitam dan biru sekitar 2,5 tahun lalu.

    Feed.merdeka.com - Masih ingat dengan perdebatan dress yang membuat gaduh dunia maya beberapa tahun lalu? Kini, persoalan yang mirip muncul lagi.

    Kali ini yang menjadi perdebatan adalah warna sebuah sepatu. Warganet sedang dibuat bingung dan terbelah menjadi dua kubu. Ada yang meyakini sepatu tersebut berwarna abu-abu dengan tali dan hiasan biru kehijauan (teal).

    Namun, ada juga netizen yang yakin sepatu itu warna pink dengan tali dan hiasan putih. Nah loh, mana yang benar ya?

    Dikutip dari laman Usmagazine.com, gambar yang diunggah ke media sosial langsung viral dalam beberapa hari terakhir.

    Bagaimana menurut Anda, warna apakah sepatu itu? Percaya atau tidak, jawabannya adalah pink dengan tali dan hiasan berwarna putih.

    Nama 'resmi' warna sepatu ini adalah 'mahogany rose' dan 'true white,' seperti dijelaskan di laman resmi Vans. Ya, sepatu Vans itu dijual dengan bervariasi warna, namun yang pasti tidak ada abu-abu teal.

    Sepatu ini ternyata berwarna pink.
    © 2017 feed.id/Twitter via Viral4real

     

    Kok bisa ya? Berikut penjelasan.  Menurut Adam Rogers dari Wired, otak manusia sebetulnya selalu berusaha 'mengkoreksi' sinar matahari. Nah, dalam proses itulah kemudian ada orang yang melihat sepatu ini sebagai abu-abu dan teal.

    Dalam proses melihat warna, mata kita sangat bergantung pada panjang gelombang cahaya, demikian dikutip dari laman Viral4real.

    Nah, panjang gelombang cahaya yang berbeda-beda itu kemudian masuk ke ke lensa mata, kemudian retina, hingga terhubung ke korteks visual di otak. Proses inilah yang menentukan bagaimana kita melihat gambar, warna, dan lain sebagainya.

    Faktor lain yang tak boleh dikesampingkan adalah cahaya disekitar benda yang akan difoto. Jika cahaya redup, warna benda di foto yang dihasilkan akan berbeda dari warna aslinya.

    (ita)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES