1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter : Stella Maris    22 Oktober 2017 19:56

    Bikin logo merek ternama 'Nike,' ternyata orang ini cuma dibayar Rp26 ribu

    Si pemesan logo, ternyata enggak begitu suka sama desainnya.

    Feed.merdeka.com - Nike adalah salah satu merek pakaian dan sepatu olahraga terbesar di dunia. Untuk mengenali brand itu tidaklah susah, cukup lihat logonya. Soal logo tersebut, ada cerita di balik logo itu nih.

    Pembuatan logo swoosh itu ternyata hanya memakan biaya sebesar US$2 atau sekitar Rp26ribu per jam. Total waktu membuat logo itu, tidak sampai sehari. Hanya sekitar 17,5 jam.

    Jadi total yang dikeluarkan untuk membuat logo itu adalah US$35 atau setara dengan Rp472.990. Nah, siapa yang membuat logo itu?

    Desainernya adalah seorang mahasiswa wanita dari Portland State University bernama Carolyn Davidson.

    Davidson, pembuat logo Nike © 2017 feed.id/pdx.edu

    Laman Creative Market menjelaskan, waktu membuat logo itu, Davidson lagi mencari biaya tambahan untuk pembayaran kuliah. Akhirnya dia jadi pekerja lepas di perusahaan Phil Knight, pendiri perusahaan Nike.

    Saat itu, Davidson diminta membuat logo untuk sepatu atletik yang sedang dibuat Knight. Setelah selesai, Davidson langsung menemui Knight.

    Sebenarnya ketika melihat desain yang dibuat Davidson, Knight tidak terlalu suka. Tapi, Knight tetap menggunakan logo itu dan mencoba memasarkan produknya menggunakan lambang barunya.

    Hasilnya? Bisa dilihat sekarang kan? Nike mendunia. Lalu soal Davidson? Tidak berhenti sampai di situ. T ernyata Davidson diberikan sejumlah besar saham di perusahaan itu.

    Nilainya sekitar US$1 atau sekitar Rp13, 5 miliar. Wanita itu juga dapat cincin berlian, dan emas. Nah nama Nike diambil dari bahasa Yunani yang artinya dewi kemenangan dan keberhasilan.

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES