1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. I
  6.  » 
  7. INSPIRATIF


  8. Reporter : Zika    9 September 2015 14:45

    Begini Wujud "Putri Duyung" Modern

    Ia bisa menyelam hingga 40 meter, setara gedung sepuluh lantai.

    Feed - Melihat sosoknya yang sederhana, berperawakan kurus, dan berambut panjang menjuntai, orang mungkin tidak percaya dengan kemampuan yang dimilikinya. Inilah Martina Amati, wanita Italia yang berstatus sebagai penyelam bebas.

    Dalam sekali tarikan napas, ia bisa menyelam hingga puluhan meter. Amati jatuh cinta pada dunia penyelaman, ia merasa tengah memasuki dunia baru yang menenangkan lahir dan batin. "Saya pertama kali diperkenalkan pada dunia selam bebas bertahun-tahun lalu di Sardinia (Italia), di usia 20-an," kata Amati seperti dikutip dari Stylist.co.uk. "Ayahku adalah seorang pelaut dan saya dibesarkan di laut."

    Foto: Alice Cattaneo

    Ditambahkan Amati, ia pertama kalinya yakin bisa melakukan selam bebas setelah mampu berenang di bawah laut sedalam 75 meter tanpa bantuan alat pernapasan. Dan, ketika akhirnya melakukan selam bebas pertama, ia merasakan munculnya rasa suci dan damai. "Ini luar biasa, seperti memasuki dunia baru. Seperti pertama kali belajar berjalan atau pergi menuju bulan," ujar perempuan kelahiran Milan di tahun 1969 itu.

    Foto: Alice Cattaneo

    Amati kini bergabung dengan London Freedivers, Richmond, Inggris. Ia dan rekan-rekannya ingin mencoba meluruskan salah persepsi mengenai selam bebas di masyarakat. Ya, memang olah raga ini mengandung risiko. tapi kecelakaan fatal amat sangat jarang terjadi. "Semua yang saya temui menikmati selam bebas karena mereka yakin itu membuat mereka menjadi orang yang lebih baik," kata Amali.

    Foto: Alice Cattaneo

    Dalam penjelasannya, olah raga mirip putri duyung ini membutuhkan banyak latihan mental. Sebab, tubuh terkadang "menjerit" meminta oksigen ketika di bawah air. "Saat Anda menekan keinginan untuk bernapas di bawah air, usaha yang Anda lakukan sepenuhnya upaya mental. Itulah pencapaian sesungguhnya dari selam bebas."

    Martina Amati (kiri) dan penyelam bebas asal Liv Phillips. Foto: Alice Cattaneo

    Amati juga sudah dikenal di kalangan pembuat film bawah air. Sejak tahun 2008, paling tidak sudah ada tiga film yang melibatkan dirinya sebagai sutradara dan penulis. Tapi hasrat terbesarnya tetaplah selam bebas di mana ia menargetkan bisa menyelam ke kedalaman 40 meter atau setara dengan gedung sepuluh tingkat.

    Foto: Alice Cattaneo

    Baca juga:

    Inilah Wujud "Kutu Buku" Paling Menggemaskan di Dunia

    Ini Bukan Wujud Setan, Tapi Manusia Asli 

    5 Tempat Terdalam di Bumi, Wujudnya Bikin Kagum

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES