1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. U
  6.  » 
  7. UNIK


  8. Reporter : Indra    7 Januari 2015 11:04

    5 Pulau di Indonesia Nyaris Terjual

    Inikah bukti lemahnya pemerintah daerah?

    Feed - Indonesia yang menjadi negara kepulauan memang menyimpan begitu banyak keindahan di dalamnya. Tidak heran jika pengusaha mancanegara tergoda untuk memilikinya.

    Bahkan isu penjualan pulau di Indonesia sudah terdengar sejak beberapa tahun silam. Puncaknya Agustus 2014 lalu. Pulau Kiluan dan Pulau Kumbang dikabarkan dijual dengan harga yang tak wajar.

    Namun isu panas itu dengan tegas dibantah tegas oleh Pemerintah provinsi Lampung bahwa kabar penjualan dua pulau itu tidak benar. Selain dua pulau tersebut, berikut ini deretan pulau di Indonesia yang sempat dikabarkan dijual.

    1. Pulau Panjang & Pulau Meriam Besar di NTB

    via seniortravelexpert.com

    Delapan tahun yang lalu tepatnya pada 2007, Indonesia sempat dihebohkan dengan kabar dijualnya Pulau Panjang dan Meriam Besar. Dua pulau tersebut dikabarkan dijual oleh Karangasem Property melalui situs www.karangasemproperty.com.

    Namun kabar penjualan kedua pulau rupanya hanya salah paham. Pemilik situs Karangasemproperty.com yang merupakan warga Belanda meminta maaf dan meralat pulau yang diiklankannya. Pulau yang tercantum dalam website tersebut bukan dijual tapi dibuka untuk penanaman investasi.

    2. Pulau Siloinak di Kepulauan Mentawai

    via voa-islam.com

    Dua tahun kemudian pada 2009 silam, isu penjualan kembali terdengar. Tidak tanggung-tanggung, kabar yang beredar ada tiga pulau yang akan dijual melalui situs privateislandonline.com.

    Ketiga pulau itu adalah Pulau Makaroni, Pulau Siloinak dan Pulau Kandui yang seluruhnya berada di Kepulauan Mentawai. Ketiga pulau diiklankan dengan judul 'Islands for Sale in Indonesia'.

    Wakil Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet yang mengetahui kabar tersebut langsung membantah. Ia mengatakan bahwa iklan yang dimuat merupakan kesalahan teknis. Yang sebenarnya dijual adalah resort yang berada di kawan pulau bukan pulau seperti kabar yang beredar.

    3.Pulau Setabok di Jawa Timur

    via tourkangeanwisata

    Masih di tahun yang sama, Pulau Setabok, Kecamatan Sapeken, Madura, Jawa Timur juga dikabarkan dijual pada Agustus 2009.

    Tetapi kabar penjualan itu langsung dibantah oleh Gubernur Jatim, Soekarwo. Dengan tegas ia menyatakan bahwa tidak ada penjualan pulau seperti yang dikabarkan. Menurut dia Pulau Setabok hanya disewakan bukan dijual.

    4. Pulau Gambar dan Pulau Gili Nanggu

    via pesonapulaulombok.com

    Pulau Gambar di Laut Jawa dan pulau Gili Nanggu di Lombok, Nusa Tenggara Barat juga diberitakan dijual melalu situs www.privatesilandsonline.com.

    Dalam laman tersebut Pulau Gambar dijual dengan harga Rp 6,8 miliar. Sementara Pulau Gili Nanggu di Lombok ditawarkan dengan harga Rp 9,9 miliar.

    Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo mengatakan masih akan melakukukan pengecekan terhadap kabar tersebut. Karena pada dasarnya Pulau Gili yang diperuntukan konservasi tidak boleh disewakan atau dijual.

    5. Pulau Kiluan, Lampung dan Pulau Kumbang, Sumatera Barat

    via viva.co.id

    Dua pulau ini merupakan pulau yang buat heboh jagad maya Agustus 2014 kemarin. Bagaimana tidak, Pulau Kiluan dan Pulau Kumbang ini dikabar dijual secara online melalui privateislandonline.com.

    Keduanya dibandrol dengan harga Rp 3,5 Miliar untuk pulau Teluk Kiluan dan Rp 22 Miliar untuk pulau Kumbang.

    Mendengar isu dijualnya pulau yang berada di provinsinya, langsung dibantah oleh Dirjen Kelautan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil di Kementerian Kelautan dan Perikanan Sudirman Saad. Ia menegaskan, bahwa yang dijual adalah resortnya bukan pulaunya. (Ism)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES