1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    11 September 2015 16:48

    5 Jamu Asli Indonesia, Lebih Manjur Dari Resep Dokter

    Jamu.. Jamu.. Jamune Mas.....

    Feed - “Jamu.. Jamu.. Jamune, Mas..” Ya, teriakan dari suara mbak-mbak dengan logat sedikit medhok itu memang tidak asing di era 90-an. Gembolan berisikan botol dengan ramuan tradisional tersebut selalu dinanti semua kalangan.

    Jika ditarik setidaknya sepuluh tahun ke belakang, orang Indonesia sesungguhnya tidak butuh obat-obatan atau resep dokter untuk menjaga performa tubuhnya. Indonesia punya solusi alami untuk menyembuhkan banyak penyakit. Jamu namanya.

    Minuman kesehatan tradisional ini biasanya berbahan dasar campuran akar, daun, buah-buahan, sayuran, kulit tanaman dan, kadang-kadang sedikit anggota tubuh hewan. Meski terdengar agak aneh, khasiat jamu manjur usir penyakit. Berikut daftarnya.

    Beras kencur

    via wikipedia.org

    Anda yang punya masalah kurang nafsu makan, kekurangan energi, atau perut kembung, jamu beras kencur adalah solusinya. Jamu ini dipercaya mujarab mengatasi masalah kelelahan usai seharian bekerja.

    Cabe puyang

    via behance.net

    Bahannya terbuat dari campuran cabai, jahe, dan kunyit.  Jamu cabe puyang dikatakan mampu meringankan sakit otot, mengatasi kram, dan meningkatkan produksi sel darah merah. Selain itu, jamu ini juga dipercaya bermanfaat bagi ibu hamil untuk menjaga kondisi bayi saat lahir dalam kondisi "bersih".

    Kunyit asem

    via zonamakan

    Jamu kunyit asem dicari-cari oleh mereka yang ingin kurus. Minuman bercita rasa manis dan asam ini dikatakan mampu meningkatkan sirkulasi darah, menyembuhkan sakit perut, mengurangi mulas, dan mengusir bisul.

    Pahitan

    via kawaiibeautyjapan.com

    Jika Anda punya masalah bau badan, mungkin jamu ini bisa jadi cara untuk menyingkirkan persoalan tersebut. Rasanya memang pahit, tapi khasiatnya dapat mengurangi bau badan, menurunkan kolesterol, membersihkan darah, sakit kepala, hingga jerawat.

    Jamu kuat

    via tripadvisor.com

    Para lelaki pasti tahu jenis jamu yang satu ini. Jamu ini dibuat untuk meningkatkan dorongan seksual kaum pria. Berbahan dasar akar ginseng, jamu ini diyakini mampu membuat Anda tangguh dalam satu malam.

    Baca juga:

    Cuma 5 Menit, Tekanan Darah Tinggi Bisa Kembali Normal Tanpa Obat

    Tips Usir Batu Ginjal Dengan Pengobatan Rumah

    Metode Pengobatan "Gila" Masa Lampau

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES