1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Zika    18 November 2015 13:10

    Tips Menyimpan Makanan Agar Tidak Mubazir

    Cara ini juga akan menghemat pengeluaran Anda.

    Feed - Coba tengok isi tempat sampah Anda, ada berapa banyak makanan yang terbuang percuma di dalamnya? Data dari badan PBB untuk Pangan dan Pertandian (FAO) di tahun 2014 menyebut bahwa sekitar 30 persen makanan di seluruh dunia terbuang sia-sia. Di waktu bersamaan, masih ada manusia yang kelaparan karena tidak punya cukup sumber daya untuk makan.

    Mari tatar kembali isi kulkas Anda agar tidak mubazir. Dengan demikian, uang yang Anda keluarkan untuk makanan-makanan itu pun tidak terbuang percuma. Lihat tipsnya seperti yang dinukil dari Soshiok.com, ada lima cara sederhana untuk melakukannya.

    1. Gunakan container bening

    via www.febcorp.com

    Sebelum Anda mengemas ulang makanan, pastikan Anda memasukkannya ke dalam container/wadah bening sehingga isinya mudah terlihat. Ini untuk mencegah makanan basi karena Anda lupa keberadaannya. Dengan demikian, setiap melihat ke kulkas, Anda tidak akan lupa tengah menyimpan makanan itu. 

    2. Simpan telur di wadah kedap udara

    via http://www.samsung.com/

    Telur dari supermarket tidak bisa dibeli satuan karena paling tidak mereka dijual lusinan. Masalahnya, terkadang yang Anda gunakan hanya tidak sebanyak itu dan membuat sisa telur lainnya basi. Untuk mencegahnya, simpan telur di wadah kedap udara sehingga bisa tahan hingga sebulan. Tapi jika telur sudah menyeruakkan aroma tidak sedap, segera buang!

    3. Pisahkan sayur dan buah

    Banyak buah yang mengeluarkan gas ethylene yang merupakan senyawa yang memaksa pematangan buah dan bisa merusak kesegaran. Jika buah disimpan bersamaan dengan sayur, maka ia bisa menghancurkan kesegaran si sayur. Bila kulkas Anda memiliki banyak ruang, pergunakan sebaik-baiknya sebagai pemisah dua panganan itu.

    4. Periksa suhu kulkas

    via www.myrecipes.com

    Anda mungkin mengira kulkas sudah pasti dingin. Tapi terkadang hal ini ada salahnya. Daya listrik serta suhu berpengaruh pada suhu kulkas Anda. Selain itu, kulkas di bagian belakang cenderung lebih dingin dibanding bagian depan. Ini karena bagian belakang jauh dari pintu kulkas yang kerap dibuka-tutup.

    5. Jangan dicuci lebih dulu

    via www.builtlean.com348

    Berbeda dengan keyakinan selama ini, ternyata buah/sayur jangan dicuci sebelum masuk ke dalam kulkas. Sebab, air bekas cucian akan menyebabkan kelembapan sehingga mempercepat pembusukkan. Lebih baik cuci buah/sayur sebelum Anda mengonsumsinya. Dengan demikian rasanya pun jadi lebih segar.

    Baca juga:

    5 Buah Segar Pemutih Alami Terbaik untuk Kulit

    Trik Mudah Menghilangkan Pestisida dari Sayur dan Buah

    Ketika Kaum Pria Menangis Tersedu Melihat Buah Hatinya

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES