1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    3 November 2015 16:47

    Tips Cara Mendeteksi Kanker Payudara

    Ada tujuh cara mandiri yang bisa Anda lakukan di rumah, cara ini bisa menjadi pegangan sebelum memeriksakan diri ke dokter.

    Feed - Pola hidup masyarakat urban membuat mereka rentan terhadap penyakit-penyakit kronis macam kanker. Khusus untuk kaum perempuan, kanker payudara adalah yang paling ditakuti karena menjadi penyakit mematikan nomor satu sejak lima tahun belakangan ini.

    Dikatakan oleh dr Dimas A. Chaspuri, SpB, salah satu dokter spesialis bedah Rumah Sakit Siloam, Semanggi, Jakarta Selatan, bahwa ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kanker. "Faktor keturunan sangat berisiko terkena penyakit kanker payudara. Selain itu, usia di atas monopouse lebih rentan terkena penyakit ini," ujar dr Dimas ketika berbincang dengan awak FEED.ID, Selasa, 3 November 2015.


    Ditambahkan lagi dari dr Dimas bahwa terlalu sering minum obat KB dan pola hidup yang tidak sehat juga bisa memicu kanker payudara. Untuk itu, Anda bisa melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) secara rutin pada tujuh hingga sepuluh hari setelah hari pertama menstruasi.

    Langkah-langkah ini dilansir dari Yayasan Kanker Indonesia. Adapun urutannya sebagai berikut:

    1. Berdiri tegak. Cermati bila ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan dan/atau perubahan pada puting. Jangan khawatir bila bentuk payudara kanan dan kiri tidak simetris.

    2. Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala. dorong siku ke depan dan cermati payudara; dan dorong siku ke belakang dan cermati bentuk maupun ukuran payudara. Otot dada Anda dengan sendirinya berkontraksi saat Anda melakukan gerakan ini.



    3. Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan sehingga payudara menggantung, dan dorong kedua siku ke depan, lalu kencangkan (kontraksikan) otot dada Anda.

    4. Angkat lengan kiri ke atas, dan tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara, serta cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak.

    Lakukan gerakan atas-bawah, gerakan lingkaran dan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting, dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan Anda.



    5. Cubit kedua puting. Cermati bila ada cairan yang keluar dari puting. Berkonsultasilah ke dokter seandainya hal itu terjadi.

    6. Pada posisi tiduran, letakkan bantal di bawah pundak kanan. Angkat lengan ke atas. Cermati payudara kanan dan lakukan tiga pola gerakan seperti sebelumnya. Dengan menggunakan ujung jari-jari, tekan seluruh bagian payudara hingga ke sekitar ketiak. Ulangi langkah ini pada sisi berlawanan, untuk mencermati payudara sebelah kiri. (Anisha Saktian.P)

    Baca juga:

    Gejala Kanker Payudara Ini Wajib Diketahui Kaum Hawa

    3 Kanker Musuh Utama Wanita Selain Kanker Payudara

    Begini Cara Bedakan Tahi Lalat Biasa dan Tahi Lalat Kanker

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES