1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    15 Desember 2015 12:31

    Ramuan Alami Ampuh, Hilangkan Sakit Tenggorokan dalam Tempo 4 Jam

    Ramuan yang terdiri dari bahan-bahan alami ini dipercaya manjur usir rasa sakit di tenggorokan

    Feed - Musim dingin atau hujan adalah waktu di mana orang rentan terserang flu dan sakit tenggorokan. Meskipun ada banyak jenis obat penangkal yang dijual bebas di pasar sebagai obat pereda, namun hampir kesemuanya tidak berasal dari bahan alami.

    via familyhealthdiary.co.nz

    Dilansir healthyfoodteam.com, ramuan yang terdiri dari bahan-bahan alami ini dipercaya manjur usir rasa sakit di tenggorokan hanya dalam waktu empat jam. Berikut panduan singkatnya.

    Bahan:

    - Air 250ml

    - Jintan 80g

    - 1 sendok makan cuka

    via healthyfoodteam.com

    Jika ketiga bahan-bahan tersebut terkumpul, campurkan jintan dengan air 200 ml dan kemudian rebus hingga mendidih dengan api kecil selama 15 menit. Setelah air rebusan tadi terlihat seperti pasta, tambahkan lagi sisa air sebanyak 50 ml dan tunggu kembali sampai mendidih. Jika sudah, biarkan dingin, kemudian tambahkan cuka dan aduk.

    Ramuan ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak sekaligus. Anda hanya perlu mengambil satu sendok makan setiap setengah jam. Dan, dalam waktu empat jam saja rasa sakit di tenggorokan Anda akan hilang.

    Selain mengandalkan ramuan tadi, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa jenis makanan berikut untuk membantu meredakan peradangan. Keseluruhannya memiliki kandungan kaya nutrisi dan serat.

    Teh hijau

    Minuman ringan satu ini sangat bermanfaat untuk merampingkan ukuran pinggang dan menurunkan kadar peradangan. Peradangan biasanya terjadi pada bagian tenggorokan Anda. Jadi, teh hijau baik untuk menghilangkan lemak jenuh di tubuh gemuk sekaligus membuat tubuh Anda hangat.

    Lemak jenuh tunggal

    Lemak jenuh ini membuat Anda sehat karena kadar kolesterol HDL akan naik dan mengurangi peradangan. Lemak jenuh itu terdapat pada minyak zaitun, kacang almond, dan alpukat.

    Asam omega-3

    Sebuah penelitian menunjukkan suatu diet dengan persentase tinggi dari omega-3 asam lemak dan persentase rendah dari omega-6 asam lemak mengarah pada penurunan peradangan. Omega-3 itu sendiri kebanyakan tersimpan dalam seekor ikan salmon.

    via everydayhealth.com

    Bumbu masak

    Zaman modern hampir melenyapkan bumbu-bumbu masak tradisonal seperti kunyit, kayu manis, jahe, cabai, bawang putih. Padahal, bumbu-bumbu itu sangat baik untuk menurunkan bahkan menghilangkan peradangan.

    Biji-bijian

    Semua biji-bijian dapat membantu kontrol insulin di dalam tubuh karena kaya kandungan serat. Vitamin B yang tinggi berasal dari seluruh biji-bijian dan juga membantu melenyapkan peradangan hormon homocystine dalam tubuh.

    Baca juga:

    Sambut Musim Penghujan, Ini 10 Makanan Penangkal Flu

    6 Asupan Untuk Redakan Radang

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES