1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. P
  6.  » 
  7. PERISTIWA


  8. Reporter : Indra    20 Januari 2015 16:01

    Bob Sadino, Pebisnis Tangguh Bekas Kuli Bangunan

    Bob Sadino pernah miskin. Iya sempat jadi sopir bahkan rela jadi kuli bangunan.

    Feed - Sama seperti pengusaha kebanyakan. Perjalanan sukses seorang Bob Sadino tidaklah mulus. Beliau melewati sebuah proses yang cukup panjang. Banting tulang hingga bercucuran keringat jadi bukti dari sebuah kesabaran dan ketekunan.

    Sebelum menjadi pengusaha kaya, anak dari seorang guru ini melewati jatuh bangunnya hidup. Ia pernah hidup pas-pasan hingga mengalami depresi. Untuk memenuhi keperluan hidupnya, sejumlah pekerjaan pernah dilakoninya.

    Jadi seorang kuli bangunan salah satunya. Ketika itu upanya sebagai tukang batu hanya 100 rupiah. Lalau pekerjaan apa lagi yang dilakoni Om Bob sebelum jadi pengusaha kaya? Berikut selengkapnya.

    1. Pelaut

    via metrotvnews.com

    Bob Sadino hanyalah lulusan SMA. Dia juga pernah kuliah di Fakultas Hukum UI, tapi tidak lama. Ketika itu beliau kuliah hanya ikut-ikutan temannya.

    Saat usia 19 tahun, Bob bekerja sebagai pelaut, dari situ dia bisa berkeliling dunia. Ia menjelajah Belanda dan menetap di sana selama 9 tahun. Di sana Om Bob bekerja di Djakarta Llyod di kota Amsterdam dan juga Hamburg, Jerman. Baca selengkapnya Bob Sadino Pernah Jadi Pelaut.

    2. Sopir Taksi

    via sampahpabrik.com

    Berpuluh-puluh tahun lamanya beliau tinggal di luar negeri akhirnya putra bungsu dari lima bersaudara itu merindukan Tanah Air dan merasa bosan bekerja untuk orang lain.

    Setibanya di Indonesia Om Bob membawa dua buah mobil Mercedes miliknya. Satu mobil dijual dan dibelikan tanah di Kemang, Jakarta Selatan. Sementara mobil satunya direntalkan dengan Bob Sadino yang menjadi sopirnya. Baca selengkapnya Bob Sadino Jadi Sopir.

    3. Kuli Bangunan

    via metrotvnews.com

    Di tengah perjalanannya meraih kesuksesah dari rental penyewaan mobil. Musibah menerap pria kelahiran Lampung itu. Om Bob mengalami kecelakaan dan mobilnya rusak parah.

    Di momen itu Bob Sadino merasa bingung. Karena tidak punya uang untuk memperbaikinya, ia akhirnya beralih pekerjaan menjadi tukang batu. Gajinya ketika itu hanya Rp 100. Baca selengkapnya Tak Punya Uang, Bob Sadino Jadi Kuli Bangunan.

    4. Ternak Ayam

    via bisniskeuangan.kompas.com

    Di titik itu, ketika seorang Bob Sadino berada dalam kemiskinan. Ia sempat depresi akibat tekanan hidup yang dialaminya.

    Hingga suatu ketika, seorang kawan menyarankan Bob memelihara ayam untuk melawan depresi yang dialaminya. Ia pun tertarik untuk terjun berbisnis telur ayam negeri dan diberikannya modal 50 ekor ayam negeri.

    Dari situ bisnis telur ayam negeri mulai di kenal di pasaran. Pada tahun 1969, beliau mendirikan supermarket miliknya sendiri yang diberi nama Kem Chicks. Dari sana bisnisnya terus melebar dan kian sukses hingga detik ini. Bob sadino pun 'menetas' menjadi seorang pengusaha kaya tanpa gelar. Baca selengkapnya Bob Sadino Sukses Usaha Ternak Ayam. (Ism)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES