1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. U
  6.  » 
  7. UNIK


  8. Reporter : Denisa    28 Januari 2015 10:28

    Berburu Botol Kecap Hingga ke Pelosok Nusantara

    Tak hanya menikmati hidangan, botol kecap pun cukup dilirik para kolektor.

    Feed - Kecap manis yang biasa menjadi penyedap santapan kuliner membuat seorang Alifatqul Maulana sang Dosen Boga STIP Trisakti jatuh hati. Dosen yang satu ini tak segan memburu kecap dari seluruh wilayah Indonesia saat berpergian.

    Tak hanya penasaran dengan sejuta rasa kecap dari banyak industri kuliner ini, Alifatqul juga menjadi kolektor kecap sejak lima tahun lalu. Dari pengakuannya, seperti dilansir laman tempo.co, Selasa 27 januari 2015, Alif saat ini telah memiliki 200 botol kecap sebagai koleksinya.

    Alifatqul bersama beberapa koleksi kecap miliknya via tempo.co

    Tak jarang, botol-botol kecap yang masih lengkap dengan merk dari beda pabrik itu sudah tak berisi alias kosong. Alif sengaja mengumpulkan botol-botol kecap itu karena memang sangat menyukai kenikmatan rasa kecap.

    Seperti diketahui, kecap berbahan dasar kacang kedelai. Namun, tak semua kecap memiliki rasa sama. Kecap juga biasanya disukai penduduk Pulau Jawa dan Sumatera.

    Bahkan, kecap juga telah membuat perhatian bagi Sulistyo Wimbo Hardjito, Direktur PT Pelni. Siapa sangka, Wimbo, sapaan bos Pelni pemilik rumah makan 'Mbah Jingkrak' ini turut mengkoleksi kecap dari berbagai tempat. Selengkapnya Wimbo.

    via transportasi-indonesia.com

    Lalu, bagaimana penampakan kecap-kecap yang dilirik oleh dua kolektor kecap unik? Berikut ini contoh 5 kecap dari 5 wilayah di Indonesia :

    1. Kecap Mirama (Semarang)

    via baltyra.com

    2. Kecap ahti Angsa (Medan)

    via baltyra.com

    3. Kecap G Juwana (Bali)

    via agenkuliner.com

    4. Kecap Cap Jeruk Pecel Tulen (Surabaya)

    via tempo.co

    5. Kecap Benteng No. 1A

    via sikakipanjang.wordpress.com

    Masih banyak lagi merk-merek kecap dari seluruh wilayah Indonesia. Kini terdapat 130 merk kecap asli Indonesia. Luar biasa kan, kecap Indonesia! (Ism)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES