1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    11 Desember 2015 15:49

    Jangan Jijik Dulu, Tapi Inilah Manfaat Makan Kulit Pisang

    Jangan buang kulit pisang setelah memakan buahnya.

    Feed - Anda mungkin tidak asing lagi dengan buah kuning satu ini, selain mudah untuk ditemui pisang juga memiliki banyak varian jenis yang menjadikannya sebagai buah yang paling diminati. Bila selama ini setelah menikmati pisang Anda membuang kulitnya, mulai sekarang ubah hal tersebut. Seperti yang dilansir dari lifehack.orgterdapat sepuluh manfaat dari kulit pisang yang harus Anda ketahui. Jangan jijik dulu sebelum Anda membaca kegunaan kulit pisang itu.

    via indiatimes.com

    1. Dapat menurunkan kolesterol

    Kolesterol dapat diturunkan jika Anda mengonsumsi banyak serat. Dan ternyata, kulit pisang mengandung lebih banyak serat yang mudah larut dibandingkan isinya. Ketika kadar kolesterol turun, maka risiko serangan jantung atau stroke semakin kecil.

    2. Penyedia elektrolit

    Ternyata dari kulit pisang terdapat kandungan kalium dan elektrolit, berkontribusi membangun otot, metabolisme, karbohidrat, dan pengaturan asam basa seluruh tubuh. Itu sebabnya ketika Anda berolahraga dan mengalami kram otot, cara yang biasa dilakukan adalah memakan pisang.

    3. Membuat Anda lebih bahagia

    Kulit pisang memiliki tingkat serotonin yang tinggi, jika tubuh kekurangan zat ini dapat menyebabkan depresi dan kelebihan mengonsumsi zat ini bisa mengakibatkan pusing.

    via medicalnewstoday.com

    4. Membuat tidur lebih tenang

    Ketika Anda mempunyai gangguan tidur, umumnya Anda pergi ke dokter dan meresepkan triptofan sebagai suplemen. Cobalah untuk tidak tergantung pada obat, makanlah pisang dengan kulitnya untuk membantu Anda tertidur.

    5. Mengurangi garis pinggang

    Kulit pisang yang rendah kalori, banyak serat, dan nutrisi merupakan sumber suplemen yang cocok untuk Anda yang sedang berdiet dan menjaga berat ideal Anda.

    6. Mencegah kanker

    Jika Anda mencari alternatif tambahan untuk membantu mencegah kanker, kulit pisang bisa menjadi jawabannya. Kulit pisang kaya akan anti-oksidan yang dapat menjaga sel-sel dari ancaman perubahan yang biasanya menyebabkan tumor.

    via foodadditivesworld.com

    7. Menguatkan sel-sel darah merah

    Kulit pisang mempunyai nutrisi yang dapat memperkuat sel-sel darah merah yang mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dan meminimalkan kerusakan sel tersebut.

    8. Membuat mata sehat

    Kulit pisang dapat mengoptimalkan mata Anda dengan kandungan lutein yang tinggi. Lutein merupakan zat yang membantu kemampuan penglihatan pada malam hari, mencegah katarak, dan degenerasi makula.

    9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

    Kulit pisang kaya akan serat yang dapat membantu menciptakan bakteri baik atau probiotik pada usus. Bakteri probiotik akan membantu proses pembersihan dan pembasmian racun di dalam tubuh dan membantu kekebalan tubuh akan menjadi lebih baik.

    10. Pastikan untuk memakan kulit pisang organik

    Cara yang dapat dilakukan untuk memakan kulit pisang yaitu dimakan langsung atau direbus terlebih dahulu. Anda juga bisa menjadikannya jus agar terasa lebih nikmat. Pilihlah pisang yang organik untuk memaksimalkan kandungan yang terdapat pada kulit pisang. Jika Anda membeli pisang sembarangan, mungkin saja kulit pisang itu sudah terkena pestisida dan insektisida.

    Baca juga:

    Diet Pisang Ini Tumpas 18 Kg dari Tubuh, Berani Melakukannya?

    Manfaat Makan Makanan Beralas Daun Pisang

    Hebatnya Manfaat Jus Pisang Untuk Rambut Anda

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES